Survei LP3ES: Prabowo Masih Capres Terkuat di Pilpres 2024

Felldy Utama, iNews · Rabu 05 Mei 2021 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 337 2406251 survei-lp3es-prabowo-masih-capres-terkuat-di-pilpres-2024-ZQtbd6kfHe.jpg Menhan Prabowo Subianto (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Lembaga Penelitian, Pendidikan, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) mengeluarkan data survei terbaru terkait isu kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hasilnya, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menjadi calon presiden (Capres) terkuat yang dipilih oleh responden.

"Prabowo Subianto masih memuncaki urutan pertama preferensi politik masyarakat sebagai calon Presiden," kata peneliti LP3ES, Erwan Halil dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/5/2021).

Dalam survei ini, Menteri Pertahanan (Menhan) itu mendapatkan tingkat keterpilihan sebesar 16,4%. Sementara, di peringkat selanjutnya diikuti Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dengan angka 12,8%.

Selanjutnya, di urutan ketiga ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan angka sebesar 9,6%. Kemudian disusul Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 8,8%.

Sedangkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di peringkat keempat dengan angka sebesar 7,5%. Di posisi kelima, ada sosok Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dengan angka keterpilihan sebesar 6,2%.

Erwan menyampaikan bahwa dalam survei ini, LP3ES juga mencari tahu alasan para respondennya memilih tokoh-tokoh tersebut untuk dijadikan preferensi sebagai Presiden. Setidaknya, dia melihat ada lima alasan teratas.

"Berani dan berpengalaman menjadi alasan utama responden dalam memilih tokoh sebagai Calon Presiden. Disusul alasan merakyat, cerdas memberi solusi, dan tegas," ujar dia.

Baca Juga : Catat! Ini Syarat Naik Kereta Jarak Jauh Selama Masa Larangan Mudik

Pengumpulan data survei ini dilakukan pada 8-15 April 2021, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur oleh 120 enumerator. Jumlah sampel 1.200 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019.

Adapun, sampel yang ditentukan dengan acak bertingkat (Multistage Random Sampling). Dengan Margin of Error +/- 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini