3 Ribu Bus Berstiker Boleh Beroperasi saat Larangan Mudik 6-17 Mei

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 04 Mei 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 337 2405653 3-ribu-bus-berstiker-boleh-beroperasi-saat-larangan-mudik-6-17-mei-UjsMaNPYTe.jpg Bus di Terminal Pulogebang. (Foto: Refi Sandi)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar), Budi Setyadi mengatakan akan ada 3 ribu dengan stiker beroperasi saat larangan mudik 6-17 Mei 2021. Diketahui, di Jakarta ada dua terminal yang dibuka selama larangan mudik, yakni Terminal Pulogebang dan Kalideres.

"Masih ada 3 ribu bus yang akan melayani masyarakat di seluruh Indonesia dengan kebutuhan khusus tadi," kata Budi Setyadi kepada wartawan saat meninjau Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur pada Selasa (4/5/2021).  

Budi menambahkan, untuk mempermudah Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dalam mengawasi setiap kendaraan yang melewati pos penyekatan. Pihaknya akan menempelkan stiker khusus pada bus yang beroperasi selama pelarangan mudik. 

Baca juga: H-2 Larangan Mudik, 16.790 Orang Tinggalkan Bali Lewat Bandara Ngurah Rai

“Nanti ada penempelan stiker khusus di bus AKAP dan AKDP yang diperbolehkan beroperasi. Setiap operator kita bagi sesuai dengan proporsi yang ada kita harapkan dengan penandaan ini akan mempermudah kepolisian untuk melakukan pengawasan,” paparnya. 

Sementara itu, salah satu pengemudi bus yang telah ditempeli stiker mensyukuri hal itu. 

"Saya bersyukur boleh tetap jalan karena sudah ditempelin stiker (sambil menunjuk stiker). Yang penting punya swab antigen," tutur Ifan Mustofa (42) supir bus Sinar Jaya di Terminal Pulogebang. 

Baca juga: 8.425 Orang Sudah Colong Start Mudik Melalui Terminal Bekasi

Lebih lanjut, Ifan mengatakan bahwa Sinar Jaya akan mengoperasikan 20 unit bus pada saat larangan mudik tersebut. 

"Kita (Sinar Jaya) menyediakan 20 unit bus untuk beroperasi selama larangan itu," tandasnya. 

Sebelumnya Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono melakukan sidak terkait penerapan protokol kesehatan di Terminal Pulogebang. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudy Antariksawan, Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Kushariyanto, jajaran Kementerian Perhubungan, dan BPTJ. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini