Menteri Tjahjo: Laporkan Jika Tenemukan PNS yang Nekat Mudik

Dita Angga R, Sindonews · Senin 03 Mei 2021 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 337 2404960 menteri-tjahjo-laporkan-jika-tenemukan-pns-yang-nekat-mudik-ofiUH2cca7.jpg Menpan RB, Tjahjo Kumolo (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengajak masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap kebijakan larangan mudik yang dimulai tanggal 6 hingga 17 Mei mendatang.

Dia meminta agar masyarakat melaporkan kepada pihaknya jika menemukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mudik tanpa memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

“Jika ada masyarakat yang melihat, bisa langsung melaporkan ke kami,” katanyanya dalam pers rilisnya, Senin (3/5/2021).

Dia mengatakan, masyarakat yang mengetahui ada PNS nekat mudik dapat melaporkan ke KemenPANRB melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Baca juga: Besaran THR PNS 2021: Gaji Pokok dan Tanpa Tunjangan Kinerja

Kemudian, laporan dapat disampaikan melalui SMS 1708, www.lapor.go.id, atau aplikasi yang diunduh melalui Play Store atau App Store SP4N LAPOR!.

Baca juga: Begini Cara Tjahjo Kumolo Awasi PNS yang Korupsi

“Laporan tersebut dengan menyertakan nama ASN yang dilaporkan, instansi dan satuan kerja, lokasi, dan bukti dukung (jika ada),” ungkapnya.

Seperti diketahui larangan ini dikecualikan bagi ASN yang melakukan perjalanan dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan yang bersifat penting dengan terlebih dahulu mendapatkan surat tugas yang ditandatangani oleh minimal pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) atau kepala kantor satuan kerja.

Selain itu larangan juga dikecualikan bagi ASN yang dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dengan terlebih dahulu mendapatkan izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian (PPK) di lingkungan instansinya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini