KKB Jadi Organisasi Teroris, Komnas HAM: Perpanjang Siklus Kekerasan

Felldy Utama, iNews · Senin 03 Mei 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 337 2404942 kkb-jadi-organisasi-teroris-komnas-ham-perpanjang-siklus-kekerasan-yFYuQqPsV3.jpg Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (Foto: Felldy Utama)

JAKARTA - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara angkat bicara soal keputusan pemerintah ihwal penyematan teroris kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Menurutnya, hal itu bukan jalan keluar yang tepat guna menyelesaikan masalah di Papua.

"Ini saya kira memperumit keadaan dan berpotensi menambah luas atau kemudian memperpanjang siklus kekerasan yang sampai saat ini tidak berhenti," kata Beka dalam acara yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) secara daring, Senin (3/5/2021).

Baca Juga:  Polri Identifikasi KKB Papua Berlabel Teroris

Dengan begitu, ia berpendapat bahwa penyematan nama teroris ini sebenarnya tidak menyelesaikan masalah yang ada. Beka menyebut penyematan ini hanya menambah daftar nama yang dikhususkan kepada KKB tersebut.

"Dari kelompok kriminal bersenjata, kelompok kriminal sipil bersenjata, dan lain-lain sebagainya. Tetapi (di samping itu) siklus kekerasan tidak pernah berhenti," ujarnya.

Baca Juga:  Kabar Bergabungnya Prajurit TNI ke KKB Dipastikan Hoaks!

Kendati begitu, kata dia, Komnas HAM dalam hal ini tetap pada posisi mendukung penegakkan hukum. Siapapun pelaku kekerasan maka harus dikejar, ditangkap, dan diadili dalam proses pengadilan yang fair dan terbuka.

"Sehingga publik bisa melihat sampai di mana kekuatan KKB ini," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini