Vaksinasi Covid-19 Sudah Tembus 20 Juta Suntikan

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 03 Mei 2021 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 337 2404862 vaksinasi-covid-19-sudah-tembus-20-juta-suntikan-1uD9BiJ0Yy.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: KBUMN)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa per pekan lalu jumlah vaksinasi Covid-19 sudah menembus 20 juta suntikan. Hal ini bisa dicapai meskipun ada beberapa keterbatasan selama satu bulan terakhir.

“Alhamdulillah hari Jumat kemarin di akhir bulan kita sudah menembus 20 juta suntikan. Dibandingkan dengan kita mulai dari Januari menembus 10 juta suntikan itu tanggal 26 Maret yang ke 2 bulan. Sekarang 1 bulan dengan segala keterbatasan kita tetap bisa menembus 10 juta suntikan atau sekitar 12,5 juta rakyat Indonesia sudah diberikan vaksinasi yang pertama,” katanya dalam konferensi persnya, Senin (3/4/2021).

Baca Juga: Jokowi: Semoga Vaksinasi Bisa Perlambat hingga Hilangkan Penyebaran Covid-19

Dia berharap bahwa ke depan laju vaksinasi bisa lebih cepat lagi. Pasalnya, Indonesia akan ada tambahan 5,6 juta vaksin AstraZeneca dengan skema program GAVI yang gratis.

“Dan rencananya Biofarma akan memproduksi sekitar 18 juta vaksin Sinovac untuk bulan ini. Sehingga bahan baku vaksin yang cukup,” tuturnya.

Budi mendorong agar vaksinasi segera dilakukan. Apalagi saat ini mutasi virus baru baik dari Inggris, India maupun Afrika Selatan masih sedikit.

“Iu adalah saat yang tepat untuk kita tersebut segera mungkin melakukan vaksinasi untuk melindungi diri kita dan keluarga kita. Oleh karena itu bulan Maret ini tolong didorong vaksinasi walaupun puasa dan lebaran karena memang sudah diizinkan,” pungkasnya.  

Baca Juga: BPPT Ciptakan Tes Cepat untuk Deteksi Antibodi Pasca-vaksinasi Covid-19

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini