PMI Kembali ke Tanah Air, Kasus Covid-19 di Beberapa Daerah Meningkat

Dita Angga R, Sindonews · Senin 03 Mei 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 337 2404837 pmi-kembali-ke-tanah-air-kasus-covid-19-di-beberapa-daerah-meningkat-BF3nCowMPx.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku sedikit lega karena liburan paskah yang cukup panjang, tapi kenaikan kasus Covid-19 masih dapat dikendalikan. Namun, dia meminta tetap waspada dan tidak lengah.

“Alhamdulillah sesudah Paskah yang cukup panjang liburannya lonjakan yang tadinya kita khawatirkan ternyata tidak terjadi. Hanya karena kan sedikit di beberapa provinsi yang masih bisa kita kendalikan. Nah tugas saya sebagai Menteri Kesehatan adalah terus mengingatkan agar kita harus selalu waspada, jangan sampai lengah, jangan terburu-buru mengendorkan protokol kesehatan,” katanya dalam konferensi persnya, Senin (3/5/2021).

Dia mengatakan, penurunan kasus memang tampak secara nasional. Namun jika dilihat lagi ke beberapa daerah terjadi kenaikan.

“Memang secara keseluruhan kita menurun. Di beberapa provinsi kita melihat ada kenaikan baik dari sisi konfirmasi maupun dari sisi yang masuk rumah sakit dan juga dari sisi kematian,” ujarnya.

Daerah-daerah yang mengalami kenaikan antara lain Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

“Kita juga lihat ada beberapa provinsi di Kalimantan seperti Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan yang seperti tadi disampaikan menko karena banyak pekerja migran Indonesia yang kembali di situ juga ada kenaikan,” ungkapnya.

Budi mengatakan bahwa jika ada kenaikan maka sifatnya eksponensial. Sehingga harus dicegah pada saat kasusnya masih sedikit.

Baca Juga : Covid-19 di Sumatera Naik, Satgas: Jangan Sampai Terjadi seperti di Jakarta Tahun Lalu

“Walaupun kenaikan ini masih bisa kita kendalikan tetapi tugas saya mengingatkan kepada teman-teman karena kalau ada kenaikan, selalu sifat eksponensial. Sehingga akan sulit kita mengontrol. Lebih baik kita control pada saat naiknya baru sedikit,” tuturnya.

Baca Juga : Menkes Ungkap Mutasi Virus Corona India dan Afsel Sudah Masuk Indonesia, Bahayakah?

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini