Menkes : 2 Kasus Mutasi Covid-19 India Ditemukan di Jakarta

Dita Angga R, Sindonews · Senin 03 Mei 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 337 2404775 menkes-2-kasus-mutasi-covid-19-india-ditemukan-di-jakarta-WHcz4zJJUI.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan semua pihak untuk lebih berhati-hati. Hal ini mengingat varian mutasi Covid-19 dari berbagai negara sudah mulai masuk ke Indonesia.

Dia menyebut untuk mutasi India sudah ditemukan dua kasus di Jakarta. Lalu satu kasus mutasi Afrika Selatan di Bali.

“Jadi selain mutasi yang di Inggris yang sekarang sudah ada 13 insiden sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan,” katanya dalam konferensi persnya, Senin (3/5/2021).

Dia mengatakan, mutasi dari tiga negara tersebut menjadi perhatian khusus Badan kesehatan Dunia atau WHO. Hal ini karena penularannya cukup tinggi.

“Mutasi-mutasi ini yang masuk sebagai kategori varian of concern atau mutasi-mutasi yang memang sangat diperhatikan oleh WHO karena penularannya relatif lebih tinggi,” ujarnya.

Budi mengatakan, karena kasusnya masih sedikit maka harus dijaga. Dengan begitu mutasi virus ini tidak menyebar luas di Indonesia.

“Ini harus kita jaga. Mumpung masih sedikit karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif lebih tinggi dibandingkan yang lain,”ungkapnya.

Baca Juga : Satgas: Tak Boleh Ada Pejabat Beda Narasi dengan Pusat soal Larangan Mudik!

Dia meminta agar segera melakukan isolasi dengan disiplin bagi siapapun yang terkena Covid-19. Termasuk disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Apapun virusnya apapun mutasinya kalau kita disiplin protokol kesehatannya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak Insyaallah harusnya penularan tidak terjadi. Itu sebabnya kenapa saya akan terus-menerus mengingatkan bahwa protokol kesehatan itu harus dijalankan oleh kita semua dimanapun kita berada,” tuturnya.

Baca Juga : Kesembuhan Covid-19 Capai 91,26%, Tertinggi Sepanjang Pandemi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini