Share

Mahfud MD: Politik Otoriter Akan Menampilkan Hukum yang Konservatif

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 01 Mei 2021 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 337 2404021 mahfud-md-politik-otoriter-akan-menampilkan-hukum-yang-konservatif-YGJw9giUlj.jpg Mahfud MD (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, konfigurasi politik demokratis akan menampilkan hukum yang responsif. Begitu juga sebaliknya, jika politik otoriter maka berdampak pada penegakkan hukum yang konservatif.

Relasi konfigurasi politik dengan hukum telah diteliti Mahfud yang kemudian dituangkan dalam disertasinya.

Mulanya, Mahfud mengatakan korupsi merupakan sebuah fenomena pelanggaran hukum. Namun, dalam hasil penelitiannya, hukum akan baik jika demokrasinya baik pula.

"Saya selalu mengatakan begini, korupsi selalu dilihat sebagai fenomena pelanggaran hukum tapi dalam disertasi saya itu hukumnya akan baik atau hukumnya akan jelek baik pembuatan, substansi hukumnya maupun penegakannya, tergantung pada demokrasinya, kalau demokrasinya berjalan baik maka hukum akan baik, kalau demokrasinya buruk maka hukum juga akan buruk," kata Mahfud dalam webinar tadarus demokrasi yang diselenggarakan MMD Initiative, Sabtu (1/5/2021).

Baca juga: May Day 2021, Mahfud MD Harap Hubungan Buruh, Pengusaha dan Pemerintah Harmonis

Mahfud menuturkan, konfigurasi politik demokratis akan menampilkan hukum yang responsif. Sedangkan konfigurasi politik otoriter dan hegemonik akan menampilkan hukum yang berwatak konservatif.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Angka Kemiskinan di Indonesia Naik Dampak Pandemi Covid-19

"Itu hasil penelitian saya sejak 1945 sampai 1993. Saya hitung dari tahun ke tahun perubahan konfigurasi politik tahun sekaian bergeser ke sini hukumnya akan jadi begini, itu jelas sekali," tuturnya.

Melalui webinar tadarus demokrasi ini, Mahfud berharap khalayak akan tercerahkan atas problematika demokrasi yang terjadi di Indonesia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fkh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini