Antisipasi Covid-19 Memburuk, Menkominfo: Patuhi Prokes dan Tidak Maksa Mudik!

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 30 April 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 337 2403635 antisipasi-covid-19-memburuk-menkominfo-patuhi-prokes-dan-tidak-maksa-mudik-n70CfFkuCI.jfif Menkominfo, Jhonny G Plate (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Langkah antisipasi memburuknya Covid-19, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Jhonny G Plate serukan tetap patuhi protokol kesehatan (Prokes) serta tidak memaksa mudik. Sebab, pandemi masih belum akhir, pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat tetap patuhi prokes meski sudah dilakukan vaksinasi.

"Masyarakat jangan lengah dengan tetap patuhi prokes dan tidak memaksa mudik," ucap Jhonny dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/4/2021).

Baca juga:  Larangan Mudik, Gubernur Anies Akan Umumkan SIKM Pekan Depan

Jhonny memaparkan, saat ini terdapat sejumlah negara yang sedang menghadapi gelombang kedua (second wave) dan bahkan gelombang ketiga (third wave) maraknya kasus penularan Covid-19. Negara-negara tersebut mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang luar biasa.

"Untuk itu, kita jangan lengah dan berupaya agar kejadian tersebut tidak terjadi di Indonesia!," tegasnya.

Baca juga: Bus Antar Kota dan Provinsi Dilarang Beroperasi pada 6-17 Mei

Sebab, apabila lengan dengan abaikan prokes ataupun bereuforia setelah lakukan vaksinasi dapat berakibat fatal bagi masyarakat.

“Meskipun vaksinasi telah dilakukan, kita tidak boleh lengah. Sekali lagi saya tegaskan, kita tidak boleh lengah! Kita harus tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk keselamatan diri, keluarga serta seluruh masyarakat Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya, Menkominfo memaparkan upaya pemerintah dalam menekan tingkat penularan Covid-19. Salah satunya melalui Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021, Pemerintah telah menetapkan peniadaan mudik hari raya Idulfitri tahun 1442 Hijriah dari tanggal 6 s.d. 17 Mei 2021.

Di samping itu, Pemerintah memperketat persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang diterapkan sejak dua pekan sebelum dan sepekan setelah masa peniadaan mudik, yakni 22 April s.d. 5 Mei 2021 dan 18 s.d. 24 Mei 2021.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini