KKB Papua Dilabeli Teroris, Polri Bahas Pelibatan Densus 88

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 29 April 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 337 2402848 kkb-papua-dilabeli-teroris-polri-bahas-pelibatan-densus-88-WAZVz8JzhU.jpg Densus 88 Mabes Polri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polri menyatakan sedang melakukan pengkajian dan pembahasan untuk melibatkan Densus 88 Antiteror dalam penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Pemerintah resmi melabeli KKB Papua sebagai daftar terduga teroris dan organisasi teroris (DTTOT).

Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen Imam Sugianto mengungkapkan, soal pelibatan Densus 88 tersebut, saat ini masih terus dibahas oleh berbagai pihak terkait.

"Ini kan kami rapatkan, sedang rapat ke KSP, nah nanti, arahan pak Kapolri bagaimana, terutama pelibatan Densus. Artinya kalau sudah ditetapkan begitu. Densus nanti harus kami ikutkan membantu. Paling tidak memetakan, segala macam itu," kata Imam kepada awak media, Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: KKB Papua Berlabel Teroris, Polri Bakal Ubah Pola Operasi

Imam menekankan, saat ini Densus 88 belum diputuskan bakal dilibatkan. Namun, memang akan dibahas dan dikaji lebih mendalam setelah kebijakan pemerintah tersebut.

Sebab itu, Imam berharap, seluruh pihak untuk tidak berspekulasi dan menunggu hasil pembahasan serta pengkajian mengenai hal tersebut.

"Jangan berspekulasi lah. Nanti keputusannya Bapak Kapolri bagaimana, selama ini kan, seperti Madago Raya di Sulteng lah, itu kan sama, jadi Satgas Iperasi kami bentuk. Tapi Densus juga menyelenggarakan operasi yang link up dengan satgas kami itu," ujar Imam. 

Pemerintah meminta TNI dan Polri untuk menindak KKB Papua yang semakin meresahkan. Hal itu mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Terorisme.

Baca Juga: Pemerintah Minta TNI/Polri Tumpas KKB di Papua

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini