Mahfud : Pemerintah Selesaikan Masalah Papua dengan Kesejahteraan, Bukan Penggunaan Senjata

Irfan Ma'ruf, iNews · Kamis 29 April 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 337 2402825 mahfud-pemerintah-selesaikan-masalah-papua-dengan-kesejahteraan-bukan-penggunaan-senjata-zdN5tBtavg.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Kooordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemananan (Menko Polhukam), Mahfud MD menegaskan, dalam menyelesaikan masalah di Papua, pemerintah menggunakan pendekatan kesejahteraan, bukan senjata.

"Masalah Papua yang sekarang sedang kita tangani sebaik-baiknya adalah masalah isu lingkungan hidup, kesejahteraan, bukan masalah kemerdekaan," kata Mahfud dalam keterangan Pers, Kamis (29/5/2021).

Bahkan pemerintah mengeluarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Inpres tersebut menginstruksikan penyelesaian masalah Papua dengan penyelesaian masalah kesejahteraan, bukan dengan penyelesaian bersenjata.

"Tidak ada tindakan bersenjata di Papua. Tapi ada tindakan penegakan hukum pemberantasan tindak pidana terorisme bukan pada rakyat Papua, tapi terhadap segelintir orang," ucapnya.

Mahfud menyebut dari hasil survei sebanyak 92 persen masyarakat Papua tetap berada Republik Indonesia. Hanya ada segelintir orang yang melakukan gerakan dengan sembunyi-sembunyi.

Baca Juga : Berapa Jumlah Pasukan Dikirim ke Papua Usai KKB Jadi Teroris? Ini Kata Mahfud MD

"Hanya ada segelintir orang yang melakukan tindakan secara sembunyi-sembunyi dan mereka melakukan tindakan sparatisme kemudian tindakan-tindakan terorisme," tuturnya.

Baca Juga : Diminta Buka Dialog soal Papua, Mahfud MD: Siapa Bilang Sulit? Kita Dialog Terus

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini