Diminta Buka Dialog soal Papua, Mahfud MD: Siapa Bilang Sulit? Kita Dialog Terus

Tim Okezone, Okezone · Kamis 29 April 2021 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 337 2402744 diminta-buka-dialog-soal-papua-mahfud-md-siapa-bilang-sulit-kita-dialog-terus-MVLoyA8Z7y.jpg Mahfud MD. (Foto: Antara)

JAKARTA - Menko Polhukam, Mahfud MD membantah anggapan bahwa dialog terkait Papua sulit dilakukan. Menurut Mahfud, dialog terus dilakukan, berbagai tokoh dari Papua datang ke Jakarta untuk berdiskusi dengan pihaknya. 

Dalam konfrensi persnya, Mahfud MD menyatakan bahwa tindakan kekerasan dan gerakan separatis yang terjadi di Papua oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) dianggap sebagai tindakan teroris. Hal itu mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2018. 

Baca juga: Mahfud MD: 92% Warga Papua Pro-Indonesia, Hanya Segelintir Orang Pemberontak

“Siapa bilang sulit dilakukan? Kita dialog terus, tokoh Papua datang ke sini, pimpinan daerah ke sini, tokoh adat ke sini, tokoh gereja ke sini dan mereka minta Papua dibangun lebih komprehensif, mereka tetap menolak tindakan separatis,” ujar Mahfud dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Kamis (29/4/2021).

Mahfud lantas menyebutkan, berdasarkan hasil survei, 92 persen masyarakat Papua pro terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dia menyebut hanya segelintir orang yang melakukan pemberontakan sembunyi-sembunyi atau gerakan separatis.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan KKB Papua sebagai Organisasi Teroris

Selain itu, Mahfud menegaskan bahwa tidak ada satu pun forum resmi di dunia, termasuk dari PBB yang membicarakan soal lepasnya Papua dari NKRI. 

“Sejak Resolusi PBB tahun 1969, di dunia ini tidak ada satu forum resmi yang mau membicarakan lepasnya Papua dari NKRI. PBB pun tak pernah membicarakan,” ucap Mahfud.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini