Jokowi Masih Khawatir soal Mudik Lebaran

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 29 April 2021 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 337 2402628 jokowi-masih-khawatir-soal-mudik-lebaran-8RGaXhzOhj.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mewanti-wanti agar masyarakat tidak mudik. Dia mengaku masih khawatir momen mudik akan berpengaruh pada kasus Covid-19 di Indonesia.

“Saya betul-betul masih khawatir mengenai mudik di Hari Raya Idul Fitri yang akan datang,” katanya dikutip dari akun Youtube Setpres, Kamis (29/4/2021).

Hal ini mengingat berbagai momen libur panjang sering berdampak signifikan terhadap kenaikan kasus covid-19 di tanah air. Misalnya saja Idul Fitri tahun lalu kenaikan kasusnya mencapai 93%.

“Libur Agustus tahun lalu naik sampai 119%. Libur Oktober naik 95%. Libur tahun baru kemarin naik sampai 78%. Oleh sebab itu hati-hati, hati-hati. Libur Paskah dua minggu lalu kurang lebih hampir 2%. Hati-hati,” ungkapnya.

Bahkan ketersediaan tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) Indonesia sebelumnya sempat diatas 80%. Kemudian di Wisma Atlet pernah mencapai 92%.

“Tapi sekarang dua minggu lalu turun mencapai 21% sekarang naik lagi 25%. Terus akan kita tekan,” ujarnya.

Baca Juga : Jokowi Sebut Ada 18,9 Juta Orang yang Masih Mau Mudik Lebaran

Meski begitu Jokowi yakin jika pemerintah daerah dan Forkopimda bergerak di momen lebaran ini maka kenaikan kasus tidak akan seperti tahun lalu.

“Tapi saya meyakini apabila pemerintah daerah dibantu Forkompinda semuanya bergerak, mengatur mengendalikan mengenai disiplin protokol kesehatan, saya yakin kenaikannya tidak seperti tahun lalu 93%,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini