Peristiwa 29 April: Pernikahan Adolf Hitler & Tembok Berlin Diruntuhkan

Tim Okezone, Okezone · Kamis 29 April 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 337 2402597 peristiwa-29-april-pernikahan-adolf-hitler-tembok-berlin-diruntuhkan-2dwOkrBP9a.jpg Adolf Hilter & Eva Braun (Foto : Express.co.uk)

SEJUMLAH peristiwa penting terjadi pada 29 April dari tahun ke tahun yang di antaranya masuk ke dalam catatan dunia. Salah satunya Adolf Hitler menikahi seorang wanita bernama Eva Braun dan berakhir pada bunuh diri, sehari setelah melangsungkan pernikahan.

Berikut ulasan singkat sejumlah peristiwa mendunia yang diringkas Okezone merujuk dari berbagai sumber:

1. Adolf Hitler Menikah Sebelum Akhirnya Bunuh Diri

Politisi Jerman sekaligus Ketua Partai Nazi, Adolf Hitler menikahi seorang perempuan Eva Anna Paula Braun di dalam bunker daerah Berlin pada 29 April 1945. Namun, pernikahan keduanya tidak berjalan lama, hanya sekira satu hari.

Keduanya meninggal usai bunuh diri. Bunuh diri keduanya dikabarkan agar tidak ditangkap oleh Angkatan Darat Merah. Mayat Adolf Hitler dan istrinya kemudian dibakar.

Kondisi Berlin saat itu dikabarkan memang sedang panas karena perang. Di mana, saat itu tentara merah Uni Soviet sudah banyak berada di Berlin. Usai Hitler meninggal, ia digantikan oleh Karl Donitz.

2. Gelar Tinju Muhammad Ali Dicabut Karena Menolak Wamil

Tepat pada 29 April 1967, Muhammad Ali menolak ikut wajib militer untuk Pasukan Militer Amerika Serikat, serta menentang keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam. Akibatnya, Ali diskors, dan gelar juaranya dicabut oleh Komisi Tinju.

Ia kemudian mengajukan banding ke Mahkamah Agung Amerika Serikat, yang membalikkan hukumannya pada tahun 1971. Pada saat itu, ia tidak bisa bertarung sama sekali selama hampir empat tahun dan kehilangan kinerja puncaknya sebagai atlet tinju.

Tembok Berlin (Foto : Getty Images)

3. Tembok Berlin Mulai Dihancurkan

Tembok Berlin, pemisah antara Jerman Barat dan Jerman Timur dihancurkan pada 29 April 1990. Sebenarnya, penghancuran tembok Berlin sudah dimulai sejak 9 November 1989, tetapi saat itu tembok ini tidak langsung dihancurkan keseluruhan.

Rezim Jerman Timur kembali mengumumkan bahwa mereka akan membuka 10 pintu perbatasan baru, termasuk di beberapa tempat bersejarah seperti Potsdamer Platz, Glienicker Brücke, dan Bernauer Straße.

Massa dari 2 sisi menunggu berjam-jam, bersorak-sorai ketika buldoser menghancurkan tembok ini. Pintu perbatasan baru terus dibuka sepanjang tahun 1990, termasuk di Gerbang Brandenburg tanggal 22 Desember 1989.

4. Topan Hebat Melanda Bangladesh, 138.000 Jiwa Tewas

Badai tropis hebat menghantam Chittagong, sebuah kawasan di sisi tenggara Bangladesh pada 29 April 1991, malam. Saat itu kekuatan angin tercatat mencapai 210-250 kilometer per jam.

Kekuatan angin itu kemudian menghasilkan gelombang setinggi 6 meter di Teluk Benggala yang mengarah menuju kawasan pesisir Bangladesh. Gelombang tersebut kemudian menghantam permukiman warga.

Akibatnya, sebanyak 138.000 jiwa dilaporkan tewas. Tak hanya itu, ratusan ribu orang lainnya juga turut mengalami luka-luka, dan menghancurkan hampir seluruh bangunan di pesisir Bangladesh.

5. Pangeran William menikahi Kate Middleton

Pada 29 April 2011 juga menjadi sejarah penting bagi Kerajaan Inggris. Pangeran William resmi menikah dengan Kate Middleton. Keduanya telah dikaruniai tiga orang anak, yakni Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini