Duka KRI Nanggala 402 Kembali Dijadikan Lelucon, Netizen: Segera Tangkap!

Tim Okezone, Okezone · Rabu 28 April 2021 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 337 2402288 duka-kri-nanggala-402-kembali-dijadikan-lelucon-netizen-segera-tangkap-FXi5ZPGrpZ.jpeg Foto: Twitter

JAKARTA - Indonesia dilanda momen duka cita nasional, setelah KRI Nanggala 402 ditemukan hancur. Di tengah momen sedih itu, beberapa warganet justru bertindak nirempati. Mereka menjadikan peristiwa tersebut sebagai bahan lelucon, untuk menarik perhatian warganet di media sosial.

(Baca juga: Beratnya Seleksi Awak KRI Nanggala 402, Bertahan Hidup di Hutan hingga Disiksa di Kamp Tahanan)

Salah satunya adalah pemilik akun @amrii.im__ di Tiktok, yang mengunggah video lelucon tentang KRI Nanggala 402. Mengibaratkan dirinya senasib dengan apa yang menimpa KRI Nanggala 402 baru-baru ini.

“Ku kira cuma Nanggala 402 yang tenggelam, ternyata chat ku juga. Ku kira cuma Nanggala 402 yang hilang kontak, ternyata aku juga,” tuturnya dalam video.

(Baca juga: Terkuak! Kapal Selam Canggih Amerika USS Bullhead Juga Tenggelam di Laut Bali)

Sontak video yang ia unggah mendapat banyak kecaman dari warganet. Ia pun langsung menghapus video tersebut dari akun Tiktoknya. Namun videonya kembali diunggah oleh akun Instagram @camerapenjurunews.

“Di tengah duka akan tenggelamnya kapal KRI Nanggala 402, kelakuan buruk ditunjukan beberapa warnganet Indonesia. Ironisnya, mereka menjadikan tragedi Nanggala sebagai bahan candaan,” tulis akun itu dikutip Okezone,Rabu (28/4/2021).

Salah satu warganet pun berkomentar pada unggahan tersebut dan menunggu klarifikasi dari sang pembuat video nirempati itu. Merasa jika kejadian seperti ini terus berulang dan hanya berakhir dengan video klarifikasi.

“Ditunggu klarifikasinya. Gitu aja sampe gue kakek-kakek (emot tertawa),” ujar akun @haikalzki.

Apa yang ditulis Haikal nampaknya benar terjadi. Tak berapa lama, pemilik akun Tiktok @amrii.im__ membuat sebuah video klarifikasi. Ia mengunggah video permintaan maafnya pada Senin (26/4/2021) kemarin.

“Disini saya tidak sedikitpun (berniat) untuk membuat candaan tentang peristawa tersebut. Sekali lagi saya minta maaf yang sebesar-besarnya dan videonya juga sudah saya take down. Dan saya telah mengakui kesalahan saya tentang video tersebut dan saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi,” ujarnya.

Dalam unggahannya tersebut, warganet terbagi menjadi dua kubu. Ada yang iklhas memaafkan, ada juga yang minta kasusnya diusut dituntas. Seperti komentar yang ditulis oleh akun @podcastharapanbuaya dan @triaoneng.

“Tangkap!!! tidak ada rasa empati kok, sesekali biar tau batasannya,” ujar akun @podcastharapanbuaya.

“Besok-besok jangan gitu lagi kak. Kita semua lagi berduka, apalagi jika keluarga korban yang melihatnya,” komentar akun @triaoneng.

Kasus serupa terus terjadi dan bukan merupakan pertama ataupun yang terakhir. Penting bagi masyarakat Indonesia, untuk lebih bijak dalam bermedia sosial dan mengemukakan pendapatnya. Jangan menukar masa depan, hanya demi ketenaran sesaat. 

(Timothy Putra Noya)

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini