Terharu! 'Pray for KRI Nanggala' Berkibar di Geladak Kapal Perang Turki

Riezky Maulana, iNews · Rabu 28 April 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 337 2401952 terharu-pray-for-kri-nanggala-berkibar-di-geladak-kapal-perang-turki-d96jIXCcVp.jpg Personel KRI SIM-367 melihat kapal perang Turki. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Di tengah latihan bersama kapal perang yang tergabung dalam tugas misi Maritime Task Force (MTF) UNIFIL, kapal perang Turki TCG Heybeliada mengibarkan bendera sinyal "PRAY FOR KRI NANGGALA”. Pengibaran itu dilakukan di Area of Maritime Operation (AMO), perairan Lebanon, Senin (26/4/2021).

"Hal itu sontak membuat seluruh personel KRI SIM-367 terkejut dan terharu serta merasa sangat bangga, dengan simpati yang ditunjukkan oleh kapal negara sahabat tersebut," ucap Komandan KRI Sultan Iskandar Muda-367 Letkol laut (P) Abdul Haris dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021) malam.

Baca juga: Viral Awan Mirip KRI Nanggala-402 Buat Gempar Warga Bali

Haris memaparkan, latihan bersama yang dilaksanakan adalah Flaghoist atau latihan pengiriman berita menggunakan bendera sinyal pada jarak jangkau binocular. Tujuannya agar tidak dapat disadap oleh musuh.

"Latihan ini secara umum sering dilakukan untuk menyamakan persepsi atau referensi antar kapal-kapal di berbagai negara," ungkapnya.

Baca juga: Fenomena Downwelling di Lokasi Tenggelamnya KRI Nanggala 402, Arus yang Menyeret ke Dasar Laut

Di samping itu, ucapan simpatik juga disampaikan oleh komandan MTF UNIFIL dan komandan kapal perang lain melalui saluran resmi surat elektronik dan saluran FileZilla Transfer Protocol (FTP). Menurut dia, ini menjadi bukti bahwa ikatan persaudaraan antar negara sangat kuat.

"Ikatan persaudaraan itu dikenal ‘Navy Brotherhoo’ dengan turut merasakan duka mendalam yang sedang dirasakan oleh rakyat Indonesia khususnya TNI AL," katanya.

Menyikapi hal tersebut, Komandan KRI SIM-367 langsung membalas perhatian mereka dengan mengirimkan berita suara kepada komandan kapal perang Turki. Selain itu, dikirim pula balasan tertulis resmi via surat elektronik kepada seluruh kapal yang telah bersimpati atas kejadian tenggelamnya KRI Nanggala 402.

"Meskipun saat ini situasi sedang berkabung atas tenggelamnya KRI Nanggala 402 dan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, seluruh prajurit KRI SIM-367 selalu semangat dan bertugas secara profesional. Tetap utamakan keselamatan, safety is paramount dan Zero accident," pungkasnya.

KRI Nanggala 402 tenggelam di kedalaman 838 meter perairan utara Bali. Kapal selam dengan 53 awak itu awalnya hilang kontak pada Rabu 21 April 2021 lalu beberapa hari kemudian dinyatakan tenggelam dan seluruh awaknya gugur saat menjalankan tugas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini