Share

Tangkap Munarman, Densus 88 Dinilai Bekerja Profesional

Dimas Choirul, MNC Media · Selasa 27 April 2021 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 337 2401777 tangkap-munarman-densus-88-dinilai-bekerja-profesional-E1sIFfZttg.jpg Munarman (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di rumahnya di Perumahan Modern Hills, Cinangka l Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa sore (27/4/2021). Ia ditangkap terkait dugaan penyembunyian informasi tindak pidana terorisme.

Terkait hal ini, Pengamat Terorisme dari Universitas Indonesia Ridlwan Habib mengatakan Densus 88 sudah memiliki bukti yang kuat selama mengamati gerak tindak pidana terorisme seserong sebelum melalukan penangkapan.

"Selama ini Densus 88 selalu menangkap orang dengan bukti yang kuat. Sepanjang 19 tahun Densus berdiri belum pernah ada tersangka bebas di pengadilan," ujar Ridlwan.

Baca Juga:  Buku-Buku Munarman soal Demokrasi Syariat Islam Juga Disita Polisi

Ia juga menilai Densus 88 bekerja secara profesional. Ia pun yakin dalam kurun waktu dekat Densus 88 dapat menentukan status hukum Munarman.

"Densus punya 14 hari pemeriksaan untuk menentukan status Munarman, itu diatur dalam UU 5 Tahun 2018," tutur Ridlwan.

Ia menambahkan, penangkapan pada sore itu tidak terkait dengan persidangan Habib Rizieq walaupun Munarman adalah pengacara Rizieq.

"Sama sekali tidak terkait, Munarman ditangkap Densus dalam kaitan tindak pidana terorisme sedangkan sidang Rizieq adalah kasus kerumunan Corona. Tidak ada hubungannya," jelasnya.

Baca Juga:  Ditangkap Densus 88, Munarman Bakal Didampingi 20 pengacara

Dalam pemberitaan sebelumnya, diketahuin bahwa penangkapan Munarman diduga karena menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme, bermufaakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme dan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini