Wakasal Berharap Indonesia Punya Banyak Kapal Selam untuk Jaga NKRI

Riezky Maulana, iNews · Selasa 27 April 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 337 2401687 wakasal-berharap-indonesia-punya-banyak-kapal-selam-untuk-jaga-nkri-hal3iNlteu.jpg Foto: Illustrasi Sindonews

JAKARTA - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwanto berharap Indonesia dapat menambah kapal selam, menyusul telah tenggelamnya KRI Nanggala-402 di Perairan Utara Bali beberapa waktu lalu. Tujuannya, agar kedaulatan wilayah NKRI bisa makin terjaga dengan baik.

"Harapan kami ke depan kita akan punya banyak kapal selam untuk menjaga kedaulatan NKRI. Doakan mudah-mudahan ke depan kita punya kapal selam yang banyak," tuturnya, Selasa (27/4/2021).

Baca juga:  Terkuak! Kapal Selam Canggih Amerika USS Bullhead Juga Tenggelam di Laut Bali

Baginya, kapal selam merupakan salah satu Alutsista yang memiliki peranan cukup strategis. Oleh karenanya, kapal selam kerap kali mendapat julukan monster bawah air.

"Kapal selam ini punya nilai strategis yang sangat besar. Orang enggak ngerti tau-tau ada kekuatan di bawah air, tau-tau dia menembakan peluru kendali, torpedo dan sebagainya. Itulah mengapa kapal selam disebut sebagai monster bawah air," ujarnya.

Baca juga:  Batas Kedalaman KRI Nanggala 500 Meter, Kini Ditemukan di 838 Meter

Di kesempatan yang sama, Asrena KSAL Laksamana Muda TNI Muhammad Ali menyebut KRI Nanggala-402 masih teramat layak untuk melaksanakan sebuah operasi. Menurutnya, batas kelayakan kapal selam ini berlaku sampai dengan bulan September 2022.

"Kapal ini dinyatakan layak sampai dengan September 2022. Masih layak," katanya

Ali menuturkan, KRI Nanggala-42 sempat mengalami perbaikan dan pengecekan rutin setelah overhaul tuntas pada 2012. Menurutnya, KRI Nanggala-402 masuk galangan terakhir kali pada Tahun 2020 lalu.

Sekadar informasi, pascatenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402 di Perairan Utara Bali pekan lalu, Indonesia kini memiliki empat unit kapal selam. Adapun kapal selam yang tersisa yaitu KRI Cakra 401, KRI Nagapasa 403, KRI Ardadeli 404, serta KRI Alugoro 405.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini