Vaksinasi Covid-19 Diduga Jadi Faktor Meningkatnya Klaster Perkantoran

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 27 April 2021 04:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 337 2401240 vaksinasi-covid-19-diduga-jadi-faktor-meningkatnya-klaster-perkantoran-DuQdtRNt0b.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 diduga bisa menjadi salah faktor meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid-19 yang signifikan pada klaster perkantoran dalam satu pekan terakhir. Sebab, anggapan telah divaksin membuat kendor dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau kita lihat peningkatan kasus biasanya karena dua hal yaitu prokes yang kendor dan tingginya mobilitas dan ini kita lihat yaa pembelajaran dari berbagai negara yang mengalami lonjakan kasus dan saat ini ditambah vaksinasi ada juga anggapan sudah aman dan kebal," ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi kepada MNC Portal, Senin (26/4/2021).

Padahal, kata Nadia, dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro sudah diberlakukan aturan jumlah orang yang hanya boleh bekerja di kantor. Namun, aturan tersebut tidak dibarengi dengan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Klaster Perkantoran Meningkat, Satgas Covid-19 Minta Penerapan Prokes Dievaluasi

"Sebenarnya penerapan PPKM mikro masih diberlakukan termasuk aturan jumlah yang masuk kantor. Dan juga pertemuan secara tatap muka juga sudah mulai banyak dilakukan," jelasnya.

Baca juga: Update Vaksinasi 26 April 2021: 11.844.579 Dosis 1 dan 6.998.304 Dosis 2

Selain itu, menurut Nadia, naiknya kasus positif covid-19 pada klaster perkantoran bukan semata-mata terpapar di kantor. Namun, bisa juga terpapar saat menuju ke kantor misal dari trasnportasi umum.

"Di sisi lain kluster kantor bukan berarti penularan di kantor tapi resiko di tempat umum misalnya di tranportasi publik ini juga memungkinkan untuk penularan terjadi," tuturnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini