Prabowo Siapkan SMA Tarnus dan Unhan untuk Para Anak Awak KRI Nanggala 402

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Senin 26 April 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2401140 prabowo-siapkan-sma-tarnus-dan-unhan-untuk-para-anak-awak-kri-nanggala-402-NYYxLGyh18.jpg Menhan Prabowo Subianto (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto menyiapkan SMA Taruna Nusantara dan Universitas Pertahanan, agar menjadi tempat mengenyam pendidikan bagi putra-putri ABK KRI Nanggala 402 dan personil TNI AL yang telah gugur dalam tugas menjaga negeri sebagai Pahlawan Bangsa.

"Saya telah menginstrusikan kepada Lembaga Pendidikan di bawah binaan Kementerian Pertahanan, yaitu SMA Taruna Nusantara Magelang dan Universitas Pertahanan Republik Indonesia untuk mengalokasikan tempat bagi putra-putri ABK KRI Nanggala 402 dan personil TNI AL yang telah gugur dalam tugas menjaga negeri sebagai Pahlawan Bangsa," ujar Prabowo dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/4/2021).

Baca juga:   Polri Bakal Dirikan Posko Identifikasi Jenazah Kru KRI Nanggala 402

Prabowo menjelaskan, nantinya bagi putra-putri yang mengenyam pendidikan tingkat SMA, akan diterima di SMA Taruna Nusantara Magelang dengan beasiswa penuh.

"Bagi yang akan masuk Perguruan Tinggi, akan diterima di Universitas Pertahanan Republik Indonesia juga dengan beasiswa penuh," jelasnya.

Baca juga:  Oknum Polisi Komentar Negatif Terkait KRI Nanggala 402, Polda DIY Minta Maaf

Saat ini, lanjut Prabowo, pihaknya sedang menyiapkan cabang pendidikan Taruna Nusantara di level SMP yang nantinya akan bisa ditinggali atau berasrama.

"Bagi yang masih mengeyam pendidikan Sekolah Dasar, dan SMP juga akan diberikan beasiswa penuh melalui Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan kesedihan yang mendalam terkait tenggelamnya kapal selam milik TNI AL, KRI Nanggala-402. Dia menyatakan bahwa semua awak Nanggala-402 telah gugur.

Hal ini disampaikannya setelah mendapati laporan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono bahwa KRO Nanggala-402 terbelah menjadi tiga bagian.

“Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI, prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali. Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku panglima TNI saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan Yang Maha besar memebrikan keikhlasan, kesebaran, dan ketabahan,” katanya dalam konferensi pers, Minggu (25/4/2021)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini