Ma'ruf Amin Ingatkan Kepala Daerah dan DPRD Adalah Mitra Sejajar

Dita Angga R, Sindonews · Senin 26 April 2021 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2401059 ma-ruf-amin-ingatkan-kepala-daerah-dan-dprd-adalah-mitra-sejajar-0SvASlz45I.jpg Wapres Ma'ruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan perlu adanya perbaikan pola penyelenggaraan pemerintahan daerah ke arah yang adaptif, inovatif, kolaboratif dan korektif. Hal ini disampaikan Ma'ruf pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25.

Dia mengingatkan bahwa sinergitas antara kepala daerah dan DPRD sangatlah penting. “Hal ini dapat dilakukan secara sinergis antara Pemerintah Daerah dengan DPRD sebagai mitra sejajar,” katanya, Senin (26/4/2021).

Baca Juga:  Maruf Amin: Kopassus Torehkan Tinta Emas dalam Sejarah Bangsa

Dia mengatakan agar harmonisasi tersebut diwujudkan melalui sinkronisasi perencanaan, penganggaran, pelaporan dan pengendalian urusan pemerintahan. Dalam hal ini yang berpedoman pada norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) dan standar pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

“Tujuannya agar kualitas dan kuantitas layanan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ibadah Ramadhan 1442 H, Wapres Ma'ruf: Perbanyak Doa dan Zikir

Lebih lanjut penguatan otonomi daerah juga perlu dilakukan dengan pembinaan, pengawasan, pemberdayaan, serta sanksi yang jelas dan tegas. Menurutnya sinergi antara pembinaan dan pengawasan umum oleh Kemendagri dan kementerian sektoral akan memberdayakan daerah.

“Demikian pula binwas Daerah kabupaten/kota memerlukan peran dan kewenangan yang jelas dan tegas dari Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat," tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini