Wapres Maruf Minta Organisasi di Pemda Dievaluasi agar Lebih Sederhana

Dita Angga R, Sindonews · Senin 26 April 2021 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2401052 wapres-maruf-minta-organisasi-di-pemda-dievaluasi-agar-lebih-sederhana-1nd4GW1m6V.jpg Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin (foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menegaskan, bahwa pelaksanaan reformasi birokrasi harus dilakukan secara menyeluruh. Salah satunya dengan mereview organisasi perangkat daerah (OPD) agar lebih sederhana.

Baca juga:  Jubir Wapres Sebut Usulan Mudik Santri Hanya Berlaku Selama Masa Pengetatan

Pesan ini disampaikan wapres saat memberikan sambutan pada Hari Otonomi Daerah ke-25.

“Organisasi perangkat daerah sebagai agen perubahan unsur pelaksana kebijakan perlu direview, agar lebih sederhana, agile (lentur), inovatif, efektif dan efisien untuk melaksanakan kewajiban penyelenggaraan urusan pemerintahan konkuren secara profesional, transparan dan akuntabel,” ungkapnya.

Baca juga:  Wapres Ma'ruf Amin Doakan Keselamatan 53 Kru KRI Nanggala-402

Selain itu, dia juga menekankan bahwa deregulasi kebijakan harus secara konsisten dilakukan. Hal ini sehubungan dengan telah terbitnya UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,

“Maka penyesuaian produk hukum terkait di daerah tidak boleh bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi tingkatannya, sesuai hierarki peraturan perundang-undangan, serta tidak bertentangan dengan kepentingan umum,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini