25 Tahun Desentralisasi, Ma'ruf Amin Minta Daerah Tak Berorientasi pada Rutinitas

Dita Angga R, Sindonews · Senin 26 April 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2400982 25-tahun-desentralisasi-ma-ruf-amin-minta-daerah-tak-berorientasi-pada-rutinitas-goDOh7MjLs.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Pada 25 April, tepat 25 tahun sistem desentralisasi atau otonomi Indonesia bergulir di Indonesia. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menilai bahwa peringatan ini bisa menjadi momentum perbaikan di daerah. Salah satunya adalah perlunya perubahan paradigma pemerintahan dan pembangunan di daerah.

“Perlunya mengubah paradigma pemerintahan dan pembangunan yang masih berorientasi pada business as usual atau rutinitas menjadi berbasis inovasi dan teknologi informasi dengan memanfaatkan modal budaya, SDM unggul, SDA, teknologi informasi, dan kearifan lokal sesuai karakteristik daerah masing-masing,” katanya, Senin (26/4/2021).

Baca Juga:  53 Awak KRI Nanggala 402 Gugur, Wapres: Mereka Putra-Putra Terbaik Bangsa

Dalam hal ini Maruf menekankan pentingnya pemetaan masalah dengan berbasis data sebagai dasar pembuatan kebijakan. Menurutnya adanya pandemi Covid-19 menjadi contoh pentingnya ketersediaan, kelengkapan dan akses data untuk merespon cepat krisis yang dihadapi.

“Proses digitalisasi di seluruh aspek layanan pemerintahan dan pembangunan, sebagaimana kerangka open government di tingkat daerah semakin relevan. Pendekatan triangulasi kepentingan antara Pemerintah dan Pemda, sektor swasta, dan masyarakat, perlu diperkuat sebagai bagian dari tahapan dari transformasi kapasitas pemerintahan daerah,” ujarnya.

Baca Juga:  Wapres Ma'ruf Amin Doakan Keselamatan 53 Kru KRI Nanggala-402

Selain itu, juga daerah perlu meningkatkan sinergi dan dan koordinasi pemerintahan secara kolaborasi. “Baik antar daerah, antara pusat dengan daerah, antara pemerintah dengan swasta, dan kapitalisasi modal sosial secara gotong royong yang akan menjadi salah satu kekuatan daya tahan ekonomi dan sosial masyarakat,” ungkapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini