Rekam Jejak Brigjen Danny, dari Asintel hingga Kabinda Papua

Felldy Utama, iNews · Senin 26 April 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2400915 rekam-jejak-brigjen-danny-dari-asintel-hingga-kabinda-papua-NJaqv9r4D9.jfif Brigjen TNI I Gusti Putu Danny semasa hidup (foto: istimewa)

JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya telah gugur dalam menjalankan tugasnya.

Jenderal bintang satu itu menghembuskan nafas terakhirnya setelah ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada hari Minggu (25/4/2021) kemarin.

"Memang benar Brigjen TNI Putu Dani yang menjabat Kabinda dilaporkan meninggal di Beoga namun hingga kini belum ada laporan lengkapnya,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, Minggu 25 April 2021.

Baca juga: Kabinda Papua Gugur, Ketua DPD RI: Tumpas KKB Keakar-akarnya!

Danny dikenal sosok yang baik hati. Bahkan, anak prajurit Kopassus itu juga dicap sebagai seorang jagoan. Begitu pengakuan I Gede Badung Astawa yang merupakan Sekretaris Sub Tempek Kopassus sekaligus kerabat dari Danny Nugraha.

Baca juga: Berbelasungkawa, Jokowi Naikkan Pangkat Kabinda Papua Jadi Mayjen

Diketahui, secara karir di militer sendiri, Danny ternyata belum genap satu tahun menjadi Kabinda di Papua. Dikutip dari Website Mabes AD, Danny baru saja dilantik oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andhika Perkasa pada tanggal 24 Juli 2020 lalu.

Sebagai Kabinda Papua merupakan pecah pangkat bintang bagi putera kelahiran Bali tersebut. Sebelumnya, pada 25 Januari 2019, Danny menjabat sebagwi Pamen Denma Mabesad dengan pangkat Kolonel Inf.

Di tahun 2018, IGP Danny Nugraha juga pernah ditunjuk menjadi Kapok Sahli Pangdam Jaya di bawah era kepemimpinam Mayjen TNI Joni Supriyanto.

Pengalaman Danny di bidang intelijen pun juga sudah tidak perlu diragukan. Terhitung sejak tahun 2015 silam, Danny dipercaya menjabat sebagai asisten intel (Asintel) Kasdam Jaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini