KRI Nanggala 402 Tenggelam, SBY: Di Dunia Militer Mesti Siap Sumbangkan Nyawa

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 26 April 2021 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2400763 kri-nanggala-402-tenggelam-sby-di-dunia-militer-mesti-siap-sumbangkan-nyawa-rfBbWz86eo.jpg Susilo Bambang Yudhoyono (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berduka atas gugurnya 53 prajurit kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan utara Bali.

"Sbg sesama prajurit, saya amat tahu bahwa siapapun yg mengabdi di dunia militer mesti siap sumbangkan jiwa & raganya kpd negara tercinta. Sungguhpun demikian, gugurnya 53 prajurit Hiu Kencana di medan latihan adalah duka yg mendalam & "great loss" bagi TNI & kita semua," katanya sebagaimana dikutip dari akun Twitternya @SBYudhoyono pada Senin (26/4/2021).

Menurut SBY, prajurit yang bertugas di kapal selam memiliki mental yang kuat. Mereka ditempa karena besarnya risiko, tekanan psikologis dan kesunyian yang tinggi.

"Prajurit yg bertugas di satuan kapal selam miliki risiko, tekanan psikologis & "kesunyian" yg tinggi. Tahun 1998, saya berada dlm kapal selam, bergerak di dlm laut (1 jam). Bisa dibayangkan jika "menyelam" berbulan-bulan. Mari beri hormat kpd tentara kebanggaan kita itu," tuturnya.

SBY mendoakan agar keluarga 53 prajurit yang ditinggalkan bisa menerima kenyataan ini dengan tabah, sabar san tawakal.

"Semoga keluarga yg ditinggalkan tabah, sabar & tawakal menerima ujian yg maha berat ini. Selamat jalan Kolonel Harry Setiawan, Letkol Heri Oktavian & para pahlawan Hiu Kencana lainnya. Semoga semuanya hidup tenang & bahagia di sisi Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa," ucap SBY.

Baca Juga : 53 Awak KRI Nanggala 402 Gugur, Mahfud MD: Selamat Jalan Syuhada

Sebagaimana diketahui, KRI Nanggala 402 tenggelam di kedalaman 850 meter. Seluruh awak kapal selam tersebut dinyatakan telah gugur. Tim gabungan juga menemukan sejumlah bagian dari kapal itu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini