53 Awak KRI Nanggala 402 Gugur, Mahfud MD: Selamat jalan Syuhada

Riezky Maulana, iNews · Senin 26 April 2021 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2400688 53-awak-kri-nanggala-402-gugur-mahfud-md-selamat-jalan-syuhada-mKVXEQHo4q.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum an Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya 53 personel Kapal Selam KRI Nanggala 402. Mahfud berharap, seluruh awak kapal selam tersebut mendapatkan surga.

Ucapan duka tersebut disampaikan melalui akun twitter pribadinya @mohmahfudmd.

"Selamat jalan, menghadap Alkhaliq, syuhada (pejuang-pejuang yang tulus) kusuma bangsa, para awak Nanggala 402. Semoga Anda semua mendapat surga-Nya," tulis Mahfud, Senin (26/4/2021).

Lebih jauh disebutkan Mahfud, para penerus bangsa lainnya akan melanjutkan tugas untuk terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selepas kepergian 53 personel KRI Nanggala-402. Menurutnya, merawat NKRI juga akan dilakukan.

"Putera-puteri bangsa yang tinggal akan terus menjaga dan merawat NKRI yang merdeka atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa. Allahumma ighfir lahum," tuturnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada hari kelima pencarian, Minggu, mengumumkan tim pencari telah menemukan beberapa bukti bahwa kapal karam dan terbelah tiga.

Baca Juga : Prabowo Janji Biaya Sekolah hingga Kuliah Anak Komandan KRI Nanggala 402

Temuan itu pula yang kemudian menjadi dasar pernyataan bahwa 53 prajurit KRI Nanggala 402 gugur saat bertugas di perairan utara Bali.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur. Oleh karena itu, dengan kesedihan yang mendalam selaku panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur," kata Hadi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini