53 Prajurit KRI Nanggala 402 Gugur, MUI Serukan Umat Islam Gelar Sholat Ghaib

Dimas Choirul, MNC Media · Senin 26 April 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2400675 53-prajurit-kri-nanggala-402-gugur-mui-serukan-umat-islam-gelar-sholat-ghaib-TNNPtFzphi.jpg Ilustrasi (Foto:Istimewa)

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan bela sungkawa kepada 53 prajurit KRI Nanggala 402 yang dinyatakan gugur pada Minggu, 25 April 2021. MUI menyerukan umat Islam Indonesia untuk melaksanakan sholat ghaib.

"Seandainya memang mereka meninggal dalam keadaan seperti ini, maka mereka jelas telah pergi menghadap Alloh dalam keadaan terhormat, karena berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh muslim dikatakan "Siapa yang mati karena tenggelam, maka dia mati dalam keadaan syahid.” (HR. Muslim 1915)," ujar Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas melalui keterangan tertulis kepada MNC Portal, Minggu (25/4/2021).

Anwar mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Panglima TNI dan seluruh tim gabungan dalam pencarian KRI Naggala di perairan utara Bali.

Baca Juga: Letda Munawir Awak KRI Nanggala-402 Sudah Bangun Toko untuk Pindah ke Sampit

"Dalam menghadapi masalah ini kita melihat panglima TNI sudah mengambil langkah2 cepat untuk mencari namun disayangkan sampai hari ini belum bisa ditemukan," kata dia.

Ia juga menyerukan kepada umat muslim di Indonesia untuk melakukan salat ghaib dan mendoakan para puluhan awak kapal diampuni segala dosa.

Baca Juga: DPR Usul Anak Awak KRI Nanggala 402 Diberi Beasiswa hingga Sarjana

"Oleh karena itu bila Panglima TNI sudah menyatakan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan ilmiah para awak tersebut sudah tidak bisa diselamatkan, maka mari kita secara bersama-sama atau sendiri-sendiri melaksanakan salat ghoib agar semua dosa mereka diampuni dan pengabdian serta pengorbanan yang telah mereka berikan kepada bangsa dan negaranya menjadi ibadah serta mendapatkan ganjaran pahala yang sebesar-besarnya dariNya. Aamiin," tutupnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan seluruh seluruh awak kapal selam KRI Nanggala 402 telah gugur. Hal ini disampaikan setelah kemarin KRI Nanggala dinyatakan tenggelam atau subsunk. Hal itu dikatakannya dalam konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini