DPR Usul Anak Awak KRI Nanggala 402 Diberi Beasiswa hingga Sarjana

Kiswondari, Sindonews · Senin 26 April 2021 06:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2400667 dpr-usul-anak-awak-kri-nanggala-402-diberi-beasiswa-hingga-sarjana-7v5QbZwOS2.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Tenggelamnya KRI Nanggala 402 yang mengangkut 53 orang awak kapal menyisakan kesedihan dan keprihatinan yang mendalam bagi keluarga Ksatria Hiu Kencana dan juga segenap bangsa Indonesia. Begitu juga dengan Komisi I DPR.

"Dengan kesedihan dan keprihatinan yang mendalam. Menyampaikan belasungkawa pada Ksatria Hiu Kencana di saat menunaikan tugas latihan," kata Anggota Komisi I DPR Hasbi Anshory kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Hasbi pun mengusulkan sejumlah pokok pemikiran menyikapi tragedi ini. Pertama, memberikan beasiswa bagi anak-anak prajurit yang telah gugur hingga jenjang Strata 1. Serta, memberikan santunan bagi istri prajurit yang telah ditinggalkan.

"Pertama mendorong pemerintah memberikan beasiswa hingga anak anak mereka lulus strata 1 (sarjana). Ini juga disertai santunan bagi istri prajurit yang gugur dan kenaikan pangkat otomatis satu level," ujarnya.

Kedua, meminta pemerintah segera menetapkan hari duka nasional untuk menghormati para pejuang KRI Nanggala 402. Ketiga, mendorong semua pihak untuk melakukan Pemutakhiran alutsista semua matra khususnya TNI AL pada TA 2021/ 2022 serta pemenuhan Minimum Essential Forces (MEF) untuk pertahanan dan keamanan NKRI dalam 5-10 tahun ke depan.

Baca Juga : Presiden Tugaskan Menko PMK Beri Dukungan ke Keluarga Awak KRI Nanggala 402

Keempat, kata Hasbi, segera meningkatkan kesejehteraan prajurit dan keluarga, setidaknya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup yang lebih layak. Dan kelima, mendorong Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI untuk melakukan audit terhadap MRO yang melakukan perbaikan kapal selam Nanggala 402.

"Evaluasi ini penting untuk membangun Strategi, kebijakan dan penegakan hukum yang lebih baik. Demikian harapan Saya agar kejadian ini mendapatkan perhatian penuh dan tidak terulang lagi di masa depan," harapnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini