53 Awak KRI Nanggala 402 Gugur, Wapres: Mereka Putra-Putra Terbaik Bangsa

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Senin 26 April 2021 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 337 2400608 53-awak-kri-nanggala-402-gugur-wapres-mereka-putra-putra-terbaik-bangsa-unZyDjGsrH.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: IG @kyai_marufamin)

JAKARTA - Wakil Persiden RI, KH Ma'ruf Amin menyampaikan ucapan belasungkawanya kepada 53 personel KRI Nanggala 402 yang telah dinyatakan gugur. Kapal selam yang mereka awaki tenggelam sejak Rabu 21 April 2021 di perairan utara Bali.

"Saya mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 personel yang berada di dalam kapal selam KRI Nanggala 402," ujar Ma'ruf dalam keterangannya di akun Instagram-nya, Minggu (25/4/2021). 

Ma'ruf menyebut bahwa para personel yang gugur merupakan putra-putra terbaik bangsa yang telah menjalankan tugas mulianya menjaga NKRI.

Baca juga: Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Gugur, Prabowo: Selamat Berlayar Menuju Keabadian

"Para prajurit yang gugur dalam musibah ini merupakan putra-putra terbaik bangsa, yang tanpa lelah menjalankan tugas mulianya dalam menjaga kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya. 

Ma'ruf pun berharap agar para awak mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Serta keluarga yang ditinggalkan juga diberikan ketabahan.

Baca juga: KASAL: KRI Nanggala 402 Tenggelam Bukan karena Human Error

"Semoga arwah para awak kapal selam KRI Nanggala 402, tercatat sebagai syuhada dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya.

"Kepada segenap keluarga yang ditinggalkan, saya mendoakan agar diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini," imbuhnya.

Diketahui, pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang membawa 53 personel TNI AL telah dinaikkan fasenya, dari fase submiss (hilang) menjadi fase subsunk (tenggelam). Kapal tenggelam sejak Rabu 21 April 2021 di perairan utara Bali.

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, menyampaikan bahwa dalam proses pencarian KRI Nanggala 402, pihaknya telah menemukan barang-barang yaitu pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, dan botol oranye pelumas periskop kapal selam.  

Bukti semakin kuat setelah tim mendapatkan visual kapal di kedalaman 838 meter. Kapal diduga terbelah menjadi tiga bagian. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini