Hadiri KTT ASEAN, Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing Tiba di Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Sabtu 24 April 2021 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 337 2400058 hadiri-ktt-asean-panglima-militer-myanmar-jenderal-min-aung-hlaing-tiba-di-indonesia-RUcwPm8o0o.jpg Panglima Myanmar Jenderal Min Aung (Foto: Biro Pers)

JAKARTA - Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing tiba di Indonesia untuk menghadiri ASEAN Leaders Meeting yang digelar pada Sabtu, 24 April 2021, di Jakarta.

Min Aung Hlaing tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, pada hari ini, Jumat (24/4/2021), sekira pukul 11.00 WIB,

Min Aung Hlaing disambut oleh Duta Besar Myanmar untuk Republik Indonesia Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto.

Baca juga: Pertemuan Pemimpin ASEAN di Jakarta, Akankah Pemimpin Kudeta Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, Hadir?

Min Aung Hlaing dan delegasi terlebih dahulu menjalani PCR swab test dan penapisan kesehatan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan dan selanjutnya bergerak meninggalkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju lokasi ASEAN Leaders' Meeting (ALM) di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Baca juga: Pemimpin Junta Myanmar Akan Hadiri KTT ASEAN di Indonesia

Sebelumnya, ALM digelar untuk mencari solusi menghentikan kondisi krisis yang terjadi di Myanmar. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, kegiatan ALM merupakan respons situasi terkini di negara Myanmar yang juga merupakan negera anggota ASEAN. Adapun agenda ALM untuk mencari solusi perdamaian di Myanmar.

"Pimpinan berharap dalam ALM dapat menghadirkan sebuah kesepakatan yang terbaik buat rakyat Myanmar. ALM ini diseleggarakan untuk Rakyat Myanmar," kata Retno Marsudi dalam keterangan virtual, Jumat 23 April 2021.

Retno menjelaskan, ALM digelar atas inisiasi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut, Jokowi prihatin melihat situasi terakhir di Myanmar yang telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini