TNI AD Bakal Percepat Perbaikan Jembatan di NTB dan NTT Usai Dilanda Bencana

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 23 April 2021 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 337 2399863 tni-ad-bakal-percepat-perbaikan-jembatan-di-ntb-dan-ntt-usai-dilanda-bencana-UV9b6nmfju.jpg KSAD Jenderal Andika Perkasa. (Foto : Dok Okezone)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan akan fokus membantu penanganan perbaikan jembatan di NTB dan NTT usai dilanda bencana alam beberapa waktu lalu.

Andika menyebut, hal itu dibutuhkan sebagai penghubung antar daerah, sehingga memudahkan operasional dalam memberikan bantuan untuk yang terdampak bencana.

“Oleh karena itu komunikasi di grup WA mulai siang ini juga, sehingga kita bisa langsung merespons apa yang dibutuhkan dan kalau ada kekurangan pun, kami bisa langsung mencari solusinya,” kata Andika dalam akun media sosial resmi TNI AD, Jumat (23/4/2021).

Andika menyebut akan mengawal penanganan bencana banjir di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat untuk membantu pemulihan daerah yang terdampak banjir.

"Angkatan Darat akan membantu penanganan bencana banjir yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Barat. Laporkan apa yang dibutuhkan dan kekurangan yang perlu dibenahi agar dapat dicarikan solusinya," ujar Andika.

Banjir bandang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Puluhan ribu warga terdampak serta terdapat korban jiwa akibat bencana banjir tersebut.

Sebab itu, Andika melakukan teleconference dengan Panglima Kodam IX/Udayana serta beberapa jajaran TNI AD untuk mengetahui kondisi dan situasi di lokasi bencana.

Baca Juga : Gerkindo Bagikan Ribuan Paket Sembako dan Trauma Healing untuk Korban Badai Seroja NTT

Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak melaporkan terdapat lebih dari 4.000 rumah terendam, tiga jembatan rusak, serta lumpuhnya fasilitas umum, seperti sekolah dan tempat ibadah. Lahan pertanian seluas 294 Hektare dan lahan perikanan 25 hektare juga terendam banjir.

Baca Juga : Pulau Baru Muncul di NTT Pasca-Badai Seroja, Ini Penjelasan BMKG

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini