Soal Syarat Umrah, Ma'ruf Amin Minta Menkes Lobi Arab Saudi dan China

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 23 April 2021 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 337 2399385 soal-syarat-umrah-ma-ruf-amin-minta-menkes-lobi-arab-saudi-dan-china-amccYKGOWY.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Juru Bicara Wakil Presiden (Wapres) Masduki Baidlowi mengatakan bahwa di bulan Ramadhan ini Pemerintah Arab Saudi mengizinkan 50 ribu per hari untuk jamaah umrah dari seluruh dunia. Namun, belum diketahui jatah bagi Indonesia untuk ibadah umroh tersebut.

“Entah nanti berapa jatah untuk Indonesia. Bahkan ada 100 ribu setiap hari bisa berada beribadah di Masjidil Harom,” katanya, Jumat (23/4/2021). 

Namun, dia mengatakan bahwa syaratnya adalah para jamaah itu sudah divaksin Covid-19 yang sudah tersertifikasi oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Sementara itu masyarakat Indonesia sebagian besar telah divaksin dengan vaksin Sinovac.

“Dan ternyata masyarakat Indonesia sudah banyak yang divaksin tapi vaksinnya adalah vaksin covid-19 Sinovac. Sinovac ini baru dalam proses daftar di WHO. Nah ini masalah,” tuturnya.

Baca Juga:  Ketua DPD Minta Pemerintah Beri Kepastian Izin Umrah Awal Ramadhan

Masduki mengatakan bahwa Wapres Maruf Amin telah meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk melakukan lobi ke pemerintah Arab Saudi dan Cina.

“Kalau misalnya yang berhubungan dengan Arab Saudi misalnya bagaimana supaya sebisa mungkin yang namanya vaksin yang ada di Indonesia, yaitu vaksin Sinovac itu diperbolehkan. Itu yang diminta oleh Wapres supaya dilobi ke Pemerintah Arab Saudi,” ujarnya.

“Begitu juga lobi terhadap Pemerintah China. Supaya bagaimana Pemerintah Indonesia mendorong Pemerintah Cina agar segera melakukan proses secepatnya supaya WHO bisa segera memberikan sertifikasi kepada vaksin Sinovac. Sehingga dengan demikian tidak ada hambatan lagi bagi jemaah umrah dari Indonesia yang mau beribadah,” ujarnya.

Baca Juga:  Menag Pastikan Akan Evaluasi Penyelenggaraan Umrah

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa Wapres juga meminta agar Menteri Agama juga intensif melakukan lobi ke Pemerintah Arab Saudi.

“ Yang mana Menag sudah berikhtiar, tapi bagaimana agar ada timnya lebih intensif bekerja untuk itu,” pungkasnya. (Ari)

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini