Hasyim Asy'ari Tak Masuk dalam Buku Sejarah, Nadiem Diminta Tegur Dirjen Kebudayaan Kemendikbud

Tim Okezone, Okezone · Kamis 22 April 2021 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 337 2399074 hasyim-asy-ari-tak-masuk-dalam-buku-sejarah-nadiem-diminta-tegur-dirjen-kebudayaan-kemendikbud-RTkwpm6GqA.jpg Mendikbud Nadiem Makarim (Foto: Okezone)

JAKARTA - Publik dihebohkan dengan hilangnya nama pelopor Revolusi Jihad sekaligus tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari dalam Kamus Sejarah Indonesia Jilid I.

Sekjen Garda Pemuda NasDem, Mohammad Haerul Amri turut menyoroti keteledoran Kemendikbud yang tak mencantumkan nama KH Hasyim Asy'ari tersebut.

“KH Hasyim Asy’ari adalah sosok yang memilki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tak masuknya nama KH Hasyim Asy’ari merupakan keteledoran Kemendikbud yang sangat fatal," kata dia dalam keterangannya, Rabu (22/4/2021).

"Mau jadi apa bangsa kita kalau pejabat di level Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saja lalai terhadap peran pahlawannya," lanjutnya.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim memberikan klarifikasi atas kejadian ini. Dia menjaleskan bahwa tidak ada niatan menghapus nama KH Asy’ari dalam buku yang dirancang Kemendikbud dan akan merevisinya.

Baca juga: Tak Cantumkan Nama Hadratus Syeh Hasyim Asyari, Kemendikbud Minta Maaf

Aam –sapaan akrabnya- meminta kepada Nadiem untuk menegur Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilman Farid agar seperti ini tidak terjadi lagi.

“Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan harus menegur. Sebab, keteledoran yang dilakukannya bukan hanya berdampak pada Kemendikbud namun juga berefek pada sejarah bangsa," tegas Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hasyim, Karawang, itu.

Baca juga: Menteri Nadiem: Kami Tak Ada Niat Hilangkan Jejak Sejarah

Selain itu, dia juga mendorong kepada DPR untuk meminta keterangan Nadiem Makarim untuk disampaikan kepada publik sekaligus menuntut langkah-langkah strategis yang akan dilakukan Nadiem dalam menyelesaikan masalah tersebut.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini