KASAL: KRI Nanggala 402 Kerap Berlatih Penembakan Torpedo dan Siap Tempur

Riezky Maulana, iNews · Kamis 22 April 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 337 2399032 kasal-kri-nanggala-402-kerap-berlatih-penembakan-torpedo-dan-siap-tempur-cAg7Exw6vE.jpg KRI Nanggala 402 (foto: Sindonews)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut, bahwasanya kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di Perairan Utara Bali, masih layak beroperasi untuk memperkuat pertahanan Indonesia. Kesiapan itu meliputi seluruh unsur mulai dari material, personel dan syarat-syarat yang berlaku.

"Kapal selam KRI Nanggala-402 ini dalam keadaan siap, baik personel maupun material. Personelnya lengkap, materialnya pun sudah dapat surat kelayakan dari Dislaikmatal," papar Yudo dalam konferensi pers, Kamis (22/4/2021).

Baca juga:  Panglima TNI : Polri, KNKT hingga Basarnas Bantu Pencarian KRI Nanggala 402

Lebih jauh, dijelaskan KASAL, kapal selam pabrikan Jerman Barat itu telah memiliki 15 kali riwayat penembakan torpedo. Dua di antaranya berhasil melumpuhkan target sasaran.

"Kapal ini sudah riwayatnya sudah menembak torpedo kepala latihan 15 kali dan menembak torpedo kapal perang itu dua kali, sasarannya kapal eks KRI dan dua- duanya tenggelam," kata Yudo.

Baca juga:  Bantu Pencarian KRI Nanggala 402, Malaysia Kirim MV Mega Bakti dan Gelar Sholat Hajat

Oleh karena dinilai siap dari berbagai macam segi, kapal selam ini diterjunkan dalam operasi latihan penembakan torpedo.

"KRI Nanggala ini dalam kondisi siap tempur. Sehingga kita kirim dan libatkan untuk latihan penembakan torpedo," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini