Kasal Tegaskan Kondisi KRI Nanggala 402 Dalam Keadaan Baik

MNC Portal, · Kamis 22 April 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 337 2399005 kasal-tegaskan-kondisi-kri-nanggala-402-dalam-keadaan-baik-xITmAKJX4q.png Kasal Laksamana TNI Yudo Margono (foto: tangkapan layar)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan, jika kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di Perairan Bali dalam keadaan layak untuk tempur dan pelatihan.

"Dalam keadaan baik dan layak, siap dalam kondisi tempur. Lalu dikirim untuk latihan penembakan," kata Laksamana TNI Yudo Margono dalam jumpa pers di Bali, Kamis (22/4/2021).

Baca juga:  5 KRI dan 1 Helikopter Dikerahkan Cari Nanggala 402

Lalu, sambung dia, pihaknya akan membuat posko di sekitaran Bali dan Banyuwangi. "Posko disipakan disini (Bali) dan di Banyuwangi," pungkasnya.

Sebelumnya, TNI masih terus berupaya mencari KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan utara Bali pada Rabu (21/3/2021). Sebanyak 400 personel dikerahkan untuk mencari kapal selam tersebut.

Baca juga:  Panglima TNI Prihatin atas Kejadian yang Dialami Prajurit KRI Nanggala 402

Selain itu, sedikitnya enam alutsista dioperasikan upaya pencarian. Alutsista tersebut terdiri dari lima KRI dan satu helikopter.

"Sebagai informasi, lima KRI dan satu helikopter yang melaksanakan operasi pencarian dengan kekuatan yang dikerahkan lebih kurang 400 orang," ucap Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad saat konferensi persnya, Kamis (22/4/2021).

Lantaran proses pencarian masih dilakukan, TNI berharap tidak ada analisis yang tidak mendasar dilakukan segelintir pihak. Hal itu, sambungnya, bertujuan agar memberikan ketenangan kepada masyarakat.

"Saya tegaskan kembali berbagai berita yang disampaikan sudah ditemukan 21 jam itu sebenarnya belum bisa dijadikan sebagi dasar. Oleh karena itu saya berharap tidak membuat analisa dan memberitakan yang mungkin belum dipastikan kebenarannya," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini