Hilal Reshuffle Belum Kelihatan, Pengamat: Pak Jokowi Masih Evaluasi Menterinya

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 22 April 2021 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 337 2398775 hilal-reshuffle-belum-kelihatan-pengamat-pak-jokowi-masih-evaluasi-menterinya-EJ5rwsBlKz.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Hampir dua minggu isu reshuffle kabinet bergulir. Namun hingga kini, masih belum ada kejelasan kapan reshuffle itu dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Hilalnya belum keliatan,” kata Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio saat dihubungi, Kamis (22/4/2021).

Seperti diketahui, isu reshuffle muncul setelah adanya peleburan Kemenristek ke Kemendikbud dan adanya struktur baru Kementerian Investasi.

Baca juga: Pengamat: Nadiem Sedang Bermanuver, Dag Dig Dug Kena Reshuffle Dia

Hendri menilai belum adanya reshuflle murni faktor dari Presiden Jokowi. Dia tidak melihat adanya faktor tarik menarik kepentingan di antara partai pendukung pemerintah.

“Kalau menurut saya yang kali ini murni dari presiden dan evaluasi yang dilakukan Beliau,” ucapnya.

Dia menduga saat ini Jokowi tengah melakukan evaluasi terhadap para pembantunya. Hal inilah yang menurutnya jadi penyebab reshuffle kabinet belum juga diumumkan. 

Baca juga: Soal Isu Reshuffle, PPP: Suharso Masih Ditugaskan Kawal Ibu Kota Baru

“Kelihatannya Pak Jokowi belum selesai evaluasi. Mungkin calonnya juga belum ketemu juga yang pasti. Jadi karena hilalnya belum kelihatan jadinya mundur-mundur terus,”imbuhnya. 

“Tentunya yang dievaluasi capaian kerja, kegaduhan, kontroversi dan satu lagi yang penting adalah (Pilpres) 2024. Kalau misalnya ada menteri yang mau mencalonkan diri jadi presiden tapi presidennya enggak dukung, itu besok di-reshuffle juga,” pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini