Titik Koordinat Ditemukan, Bagaimana Proses Evakuasi KRI Nanggala di Laut Bali?

Riezky Maulana, iNews · Rabu 21 April 2021 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 337 2398618 titik-koordinat-ditemukan-bagaimana-proses-evakuasi-kri-nanggala-di-laut-bali-bWAtLWgqv3.jpg Foto: wikipedia

JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) melakukan pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali pada Rabu (21/4/2021).

(Baca juga: Meski Udzur, KRI Nanggala 402 Sanggup Menyusup Garis Pertahanan Musuh)

Kapal selam buatan Jerman Barat tersebut hilang kontak ketika sedang menjalani latihan skenario penembakan torpedo.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma Julius Widjojono menyebutkan, saat ini pihaknya telah mengerahkan dua unit kapal selam lain untuk melakukan penyelamatan.

"Dua kapal selam sedang dalam perjalanan ke titik untuk rescue," tutur Julius dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021) malam.

(Baca juga: Cari Kapal Selam TNI AL, Ini Kecanggihan KRI Spica Penemu CVR Lion Air)

Dia menerangkan, proses rescue dilakukan menyusul telah diketahuinya titik koordinat dari kapal tersebut. Menurutnya, KRI Nanggala-402 hilang kontak di sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari laut Bali. Namun dia tidak menjelaskan secara spesifik bagaimana cara mengevakuasi kapal selam yang telah udzur tersebut. 

"Hingga saat ini anggota TNI AL masih melakukan pencarian, namun koordinat hilangnya kapal selam tersebut sudah ditemukan, sekitar 95 kilometer dari arah utara Pulau Bali," ucapnya.

Selain itu, kata Julius, TNI AL turut mengerahkan kapal selam lain guna membantu pencarian kapal selam tersebut. Berdasarkan informasi yang disebutkannya, terdapat 53 orang di dalam kapal buatan Jerman Barat itu. "Ada 53 orang di kapal selam," pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini