Mengenal 6 "Kartini" yang Membantu Jokowi dalam Kabinet

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 21 April 2021 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 337 2398153 mengenal-6-kartini-yang-membantu-jokowi-dalam-kabinet-UcCla5Sr8A.jpg Sri Mulyani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tanggal 21 April merupakan hari bersejarah di Indonesia untuk mengenang tokoh perempuan. Tokoh tersebut adalah Raden Ajeng (RA) Kartini.

Kartini adalah pelopor emansipasi bagi perempuan. Ia ingin perempuan memiliki kesamaan derajat dengan lelaki dalam segala pemenuhan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Baca Juga:  Hari Kartini, Kominfo Dorong Perempuan Berwirausaha Digital

Kartini memperjuangkan emansipasi tatkala rezim kolonial memposisikan perempuan di bawah lelaki dalam struktur sosial. Misalnya saja perempuan tidak boleh sekolah tingi-tinggi lantaran nantinya hanya akan berada di dapur. Pandangan seperti ini ia bantah, lalu kemudian diperjuangkan secara sosial.

Nah, di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf, setidaknya ada enam orang perempuan yang menjabat sebagai Menteri Kabinet Indonesia Maju. Para "Kartini" tersebut memiliki pekerjaan beragam, mulai mengurus bidang sosial, luar negeri, keuangan, kehutanan, dan lain sebagainya.

 Baca Juga: Sosok Kartini Bisa Jadi Teladan Perempuan di Era Milenial dalam Aktualisasi Diri

Berikut profil enam menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju sebagaimana dirangkum MNC Portal dari berbagai sumber, Rabu (21/4/2021):

1. Tri Rismaharini

 

Tri Rismaharini alias Risma merupakan Menteri Sosial RI yang menjabat sejak 23 Desember 2021. Sebelum mebjabat menteri, politikus PDI Perjuangaj itu merupakan Wali Kota Surabaya. Karirnya moncer karena Risma memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan ketegasan bila ada sesuatu yang salah.

Tri Rismaharini

2. Sri Mulyani

 

Sri Mulyani alias Ani merupakan Menteri Keuangan RI yang menjabat sejak 27 Juni 2016 hingga sekarang. Ani juga pernah ditunjuk dalam posisi yang sama ketika era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia (world bank).

Sri Mulyani

Baca Juga:  10 Kata Bijak RA Kartini

3. Retno LP Marsudi

Retno LP Marsudi alias Retno merupakan Menteri Luar Negeri Presiden Jokowi selama dua periode. Ia adalah Menlu perempuan pertama dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Sebelum menjabat menteri, Retno telah malang melintang di Kemlu. Ia pernah diberi penghargaan sebagai agen perubahan di bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan. Penghargaan tersebut diberikan oleh UN Women dan Partnership Global Forum (PGF).

Retno L 

4. Siti Nurbaya Bakar

Siti Nurbaya Bakar adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Presiden Jokowi selama dua periode. Sebelum menjabat sebagai menteri, politikus NasDem itu pernah menjabat sebagai Sekjen DPD RI dan sejumlah jabatan birokrasi lainnya.

 Siti Nurbaya

5. I Gusti Ayu Bintang Darmawanti

 

I Gusti Ayu Bintang Darmawanti alias Bintang Puspayoga adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Kabinet Indonesia Maju. Bintang juga dikenal sebagai atlet tenis meja.

Gusti 

6. Ida Fauziyah

Ida Fauziyah adalah Menteri Ketenagakerjaan pada Kabinet Indonesia Maju. Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu sebelumnya menjabat sebagai Anggota DPR RI dan pernah menduduki Ketua Komisi VIII. Ida juga menjabat Ketua Umum Fatayat Nahdlatul Ulama (NU).

Ida Fauziyah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini