Perangi Covid-19, TNI AD Terima 2 Ambulans Mini ICU

Bima Setiyadi, Koran SI · Senin 19 April 2021 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 337 2397278 perangi-covid-19-tni-ad-terima-2-ambulans-mini-icu-iCVpOUvzvl.jpg TNI terima ambulans untuk penanggulangan Covid-19 dan bencana alam (Foto: Bima Setiyadi)

JAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berikan dua Ambulans Mini ICU kepada TNI Angkatan Darat (AD). Tujuannya untuk mendukung aksi cepat tanggap TNI AD dalam penanggulangan pandemi Covid-19 serta bencana alam.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi mengatakan, untuk memperkuat komitmennya untuk menjadi agen pembangunan bagi masyarakat, PKT membentuk program proaktif. Salah satunya menjalin kerjasama dengan Kasad TNI Angkatan Darat dalam bentuk penyerahan bantuan 2 unit Ambulans Mini ICU yang dilakukan di Markas Besar (MABES) TNI-AD di Jakarta, pada Selasa 13 April.

Baca Juga: Masih Pandemi Covid-19, Pemerintah Larang Takbir Keliling Idulfitri

Menurut Rahmad, kerja sama antar-instansi dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia sangat penting. PKT berharap peran TNI AD dalam aspek pelayanan kesehatan baik bagi anggota TNI maupun masyarakat sekitar dapat meningkat.

"Kami melihat bahwa TNI-AD di bawah komando Bapak Andika Perkasa selaku Kasad mengambil leading role di dalam penanganan pandemi dan penanggulangan bencana. Melihat itu, kami secara proaktif menyampaikan keinginan untuk berkontribusi dan melaksanakan tugas sebagai agen pembangunan dan membantu TNI AD dalam menjalankan fungsinya," kata Rahmad Pribadi melalui siaran tertulisnya Senin (19/4/2021)

Sementara itu, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian dan peran proaktif dari PKT di bawah pimpinan Rahmad Pribadi. Dia menerima dengan baik bantuan berupa dua buah ambulans mini ICU yang sangat memadai untuk memberikan pertolongan pertama dan transportasi pasien di lapangan. Kedua ambulans ini rencananya akan ditempatkan di dua rumah sakit milik TNI AD di Balikpapan dan Makassar.

"Saya berharap bantuan ini akan dapat bermanfaat bagi para prajurit TNI AD dan keluarganya, serta masyarakat sekitar yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat," ujarnya.

Baca Juga: KSAD Terima Kunjungan Dubes Indonesia untuk Prancis Bahas Perkembangan Teknologi Militer

Sebelumnya, PKT telah melakukan berbagai inisiatif seperti tracing contact Covid-19, penyerahan ribuan masker kepada aparat di Kalimantan Timur, hingga dukungan penegakan keamanan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro (PPKM Mikro).

Selain itu, pemberdayaan warga sekitar melalui mitra binaan juga menjadi fokus PKT, agar mereka tetap dapat produktif di tengah pandemi. Salah satunya melalui program produksi mandiri dari mitra binaan PKT untuk pembuatan masker dan baju hazmat yang dialokasikan kepada para pejuang medis.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini