TNI Masih Bahas Pelabelan KKB Papua Jadi Kelompok Teroris

Riezky Maulana, iNews · Senin 19 April 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 337 2397131 tni-masih-bahas-pelabelan-kkb-papua-jadi-kelompok-teroris-sZupq1ikBY.jpg Kapuspen TNI Achmad Riad (Foto: Riezky Maulana)

JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad menegaskan bahwa pihaknya akan terus melaksanakan tugas untuk mengamankan wilayah Papua di tengah meningkatnya eskalasi teror yang dilancarkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Iya pokoknya kita laksanakan tugas terus ya. Melaksanakan juga operasi sebaik mungkin," ujar Riad di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4/2021).

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut terkait dengan wacana pengklasifikasian KKB menjadi teroris, Riad tidak menjawab detail. Dirinya hanya menyebut, hal itu masih dalam pembahasan.

"(KKB dikategorikan teroris) itu masih dibahas," tuturnya.

Informasi terkini, KKB masih melakukan aksi teror dengan membakar honai milik kepala suku dan rumah guru di kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua pada Sabtu 17 April 2021. Namun dalam serangan teror ini dipastikan tidak ada korban jiwa.

Baca juga: KKB Terus Lancarkan Aksi Teror, Polri Pastikan Tetap Beri Rasa Aman

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol M Iqbal Alqudusi menjelaskan, kejadian pembakaran terjadi pada pagi hari, tepatnya pukul 09.30 WIT.

"Insiden pembakaran oleh kelompok bersenjata itu dilaporkan sekitar pukul 09.30 WIT yang menghanguskan rumah kepala suku Ener Tinal, dan tiga rumah guru terbuat dari papan kayu," kata Iqbal.

Baca juga: Kembali Berulah, KKB Bakar Honai dan 3 Rumah Guru di Dombet Beoga Papua

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini