PPKM Mikro Akan Kembali Diperpanjang, Ini yang Bakal Diatur

Dita Angga R, Sindonews · Senin 19 April 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 337 2396943 ppkm-mikro-akan-kembali-diperpanjang-ini-yang-bakal-diatur-yBgH4G2aew.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

JAKARTA - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro dipastikan akan kembali diperpanjang oleh pemerintah. Perpanjangan ini dilakukan karena pemerintah menilai PPKM berhasil menurunkan kurva kasus Covid-19 di Indonesia.

“Akan diperpanjang. PPKM mikro berhasil melandaikan kurva, walaupun blm sampai titik paling bawah,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri Syafrizal saat dihubungi, Senin (19/4/2021).

Seperti diketahui ini merupakan PPKM mikro tahap keenam. Dimana PPKM mikro tahap pertama dilaksanakan 9 sampai 22 Februari. Kemudian PPKM mikro tahap kedua dilaksanakan tanggal tanggal 23 Februari hingga 8 Maret. Lalu PPKM mikro tahap ketiga yakni tanggal 9 hingga 22 Maret 2021. Sementara PPKM mikro tahap keempat adalah tanggal 23 Maret hingga 5 April 2021. PPKM Mikro tahap kelima dilaksanakan tanggal 6 April hingga 19 April.

Dia mengatakan bahwa akan ada penambahan lima provinsi baru yang akan masuk ke dalam provinsi prioritas. Namun Syafrizal belum memastikan provinsi mana saja yang akan masuk.

Dia mengatakan lima provinsi ini akan diputuskan pada rapat tingkat menteri pagi ini jam 10.00 WIB. “(Provinsi yang akan ditambahkan) Akan diputuskan dalam rapat sebentar lagi,” ujarnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Seniman & Budayawan di Gambir

Selain itu dia menyebut ada yang usulan agar larangan mudik dimasukan dalam pengaturan PPKM mikro terbaru. Sebelumnya pemerintah telah memutuskan melarang mudik mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

“Juga ada yang menyarankan agar di tambahkan beberapa diktum terkait dengan larangan mudik/pulang kampung selama libur lebaran,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini