Share

40 ASN Dipecat Setiap Bulan Karena Terpapar Radikalisme, Pengamat: Semua Bisa Kena

Erfan Maaruf, iNews · Senin 19 April 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 337 2396831 40-asn-dipecat-setiap-bulan-karena-terpapar-radikalisme-pengamat-semua-bisa-kena-23q8njnfLt.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Pengamat Teroris FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Faisal Nurdin Idris menilai perlu ada pengatan birokrasi pemerintah melihat data menunjukkan hampir setiap bulan ada pemecatan 40 PNS karena terpapar paham radikalisme.

"Penguatan internal birokrasi. Di tengah deras arus informasi dan akses yang tak terbatas, siapa pun dapat terpapar radikalisme disulut oleh motif yang beragam. Untuk birokrasi, penguatan pemahaman kebangsaan dan pelayan publik perlu terus diperkuat," kata Faisal kepada MNC, Senin (18/4/2021).

Faisal juga menilai perlu adanya pendefinisian ulang mengenai arti radikalisme yang dipakai untuk melakukan evaluasi PNS dan CPNS yang terpapar paham radikalisme.

"Perlu juga diklasifikasi kelompok yang terpapar seperti usia, pangkat atau golongan dan unit kerja. Jadi jangan hanya terpaku pada kuantitas 40 PNS yang terpapar, bisa jadi lebih dari itu," jelasnya.

Dia menyebut perlu adanya penguatan kerjasama dengan lembaga riset dan universitas yang memiliki konsentrasi membahas mengenai terorisme. Hal itu diperlu untuk menemukan kunci permasalahan yang terjadi.

Baca Juga: Setiap Bulan, Menpan RB Pecat 40 ASN karena Terpapar Paham Radikal Terorisme

"Agar dapat mengidentifikasi akar persoalan dan kebijakan yang relevan untuk solusinya," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, hampir setiap bulan dirinya memecat dan menonjobkan PNS yang terpapar paham radikalisme.

โ€Dalam sebulan, pihaknya bisa memecat dan menonjobkan sebanyak 30-40 ASN, karena telah terpapar paham radikal itu. Selain itu, ada juga yang diturunkan pangkat dan dijatuhkan sanksi lainnya,โ€ ucapnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(kha)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini