Jokowi: Pembangunan Indonesia Harus Punya Kekhasan dan Kedepankan Kenyamanan

Irfan Ma'ruf, iNews · Minggu 18 April 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 337 2396449 jokowi-pembangunan-indonesia-harus-punya-kekhasan-dan-kedepankan-kenyamanan-ggk8hfX5nR.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar dalam membangun Indonesia harus memiliki kekhasan dan mengedepakan kenyamanan dan kesehatan masyarakat. Hal itu diungkapkannya saat memberikan sambutan dalam ulang tahun ke-50 kepada Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAPI).

Jokowi mengatakan, pembangunan wilayah atau kota tak hanya membangun sebuah gedung. Pembangunan untuk tempat hidup yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan warganya.

"Perencanaan itu bukan sekedar build building, bukan sekedar merancang pembangunan gedung. Perencanaan adalah build environment. Perencanaan adalah membangun tempat hidup yang bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat, interaksi sosial, akar budaya, efisiensi ekonomi dan kenyamanan hidup yang sangat mempengaruhi kebahagiaan dan kreatifitas warganya," kata Jokowi, Sabtu (17/4/2021).

Dia menjelaskan, di tengah perubahan urbanisasi dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, tentu perencanaan juga semakin kompleks. Pembangunan harus mempertimbangkan kondisi sosial, budaya, ekonomi masyarakat agar bisa menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Perencanaan harus mempertimbangkan budaya masyarakat, sejarah, struktur ekonomi masyarakat dan aspek-aspek lainnya. Perencanaan jangan sampai membuat masyarakat terasing di kampungnya sendiri.

"Jangan sampai perencanaan memicu kemacetan lalu lintas, membuat biaya hidup semakin mahal dan semakin tidak sehat," jelasnya.

Jokowi juga meminta agar perencanaan silau dengan perkembangan teknologi yang tidak diintegrasikan dengan kebutuhan masyarakat. Dia meminta perkembangan teknologi menjadi dasar desain perencanaan pembangunan.

Baca Juga : Larang Mudik, Presiden Jokowi: Kita Harus Jaga Tren Menurunnya Kasus Covid-19

"Saya menyarankan agar yang paling mendasar dari smart city adalah desainnya yang smart. Dasar dari smart city adalah smart design city yang memberikan kenyamanan sempurna untuk warganya, yang kemudian dibantu oleh perangkat digital untuk meningkatkan kenyamanan warganya," tuturnya.

Baca Juga : Larang Mudik, Jokowi: Semua Pasti Rindu Keluarga, tapi Mari Utamakan Keselamatan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini