Vaksin Nusantara Ternyata Digagas Terawan sejak Jadi Menkes

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Sabtu 17 April 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 17 337 2396266 vaksin-nusantara-ternyata-digagas-terawan-sejak-jadi-menkes-Jkbr3Ant1U.jpg Terawan Agus Putranto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto kembali menjadi perbincangan publik terkait vaksin Nusantara. Ternyata sebelum lengser dari jabatan Menkes, Terawan sudah merancang vaksin Nusantara.

Hal ini disampaikan tenaga ahli Menkes, Andani Eka Putra dalam diskusi polemik Trijaya pada Sabtu (17/4/2021). "Setahu saya sewaktu menjabat sudah dijalani," kata Andani.

Baca Juga:  BPOM Sebut 71,4 Persen Relawan Vaksin Nusantara Alami Efek Samping

Dikatakan Andani, gagasan Terawan melalui vaksin Nusantara ini sejatinya sudah diketahui pemerintah. Ketika itu, lanjut dia, vaksin Nusantara gagasan Terawan ini bertujuan untuk menghasilkan vaksin nasional.

"Kalau saya lihat berita-berita yang ada vaksin ini sama dengan vaksin merah putih. Digagas hampir sama polanya dengan tujuan untuk menghasilkan vaksin nasional," ujarnya.

Adapun konsep vaksin Nusantara, sambung dia, memiliki konsep menggunakan sel dendritik. Artinya, kata dia, vaksin ini akan membentuk sel memori atau pengingat.

"Sehingga ketika virus masuk maka sel pengingat akan tahu ini virus Covid-19. Sebelum disuntikkan, darah lebih dulu diambil kemudian diambil dengan protein targetnya," ungkapnya.

Baca Juga:  Disuntik Vaksin Nusantara, Aburizal Bakrie Ungkap Pernah Utang Nyawa dengan Terawan

Hal itu dikatakan dia berbeda dengan dengan vaksin lainnya. Untuk vaksin lainnya itu langsung tidak memerlukan proses tersebut. "Dilemanya harus ada standar mutu dan harus dijaga ketat," tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini