Pengamat Sebut Moeldoko Belum Terdeteksi Masuk Gelombang Reshuffle

Kiswondari, Sindonews · Jum'at 16 April 2021 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 337 2395617 pengamat-sebut-moeldoko-belum-terdeteksi-masuk-gelombang-reshuffle-6DCnABonkk.jpg Moeldoko (Foto: okezone)

JAKARTA - Isu reshuffle kedua dalam Kabinet Indonesia Maju kembali mengemuka saat DPR mengesahkan permohonan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melebur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), serta membentuk Kementerian Investasi.

Kementerian/lembaga (K/L) lain pun menjadi sorotan, apakah Jokowi akan mengganti menteri lainnya seperti Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko yang tersangkut kasus kudeta Partai Demokrat. Namun, analis politik dari UIN Jakarta, Adi Prayitno belum mengendus adanya arah pergantian Moeldoko.

"Di luar itu, nyaris tak ada isu lain terkait resuffle pembantu Jokowi termasuk soal kepala KSP Moeldoko. Senyap dan gelap gulita," kata Adi saat dihubungi, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga:  Manuver Politik Moeldoko Disebut Bisa Jadi Alasan untuk Di-Reshuffle

Bahkan, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) ini melihat, yang mengemuka soal kemungkinan masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam koalisi pemerintah jika ada reshuffle kabinet.

Namun demikian, kata Adi, soal kocok ulang kabinet ini tetap tergantung pada pilihan dan strategi Jokowi, dan apakah akan ada kejutan dari keputusan Jokowi kali ini.

"Kalau Jokowi berhendak apapun bisa terjadi soal reshuffle. Kita tunggu saja apakah ada yang surprise di isu reshuffle kali ini," tandasnya.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet, Akademisi Minta Jokowi Beri Ruang bagi Sosok Muda

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini