BMKG Minta Tetap Waspada Meski Siklon Tropis Surigae Jauhi Indonesia

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 16 April 2021 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 337 2395599 bmkg-minta-tetap-waspada-meski-siklon-tropis-surigae-jauhi-indonesia-gJySfPNMCC.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut saat ini siklon tropis Surigae terpantau berada di Samudera Pasifik Utara Papua bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Meski demikian, BMKG mengungkapkan intensitas siklon tropis Surigae ini dalam 24 jam ke depan diperkirakan akan meningkat.

“Siklon tropis Surigae terpantau berada di Samudera Pasifik Utara Papua, bergerak ke arah barat barat daya menjauhi wilayah Indonesia. Diperkirakan intensitas siklon tropis Surigae dalam 24 jam ke depan akan meningkat,” ungkap BMKG lewat media sosial resminya, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga:  Cuaca Depok dan Bogor pada Siang hingga Dini Hari Diguyur Hujan Disertai Petir

Namun begitu, BMKG mengimbau agar tetap waspada pada wilayah Indonesia bagian Timur. Terutama adanya dampak gelombang tinggi akibat siklon tropis Surigae ini. “Tetap waspada pada wilayah terdampak. Terutama dampak gelombang laut tinggi tetap perlu diwaspadai.

Gelombang laut setinggi 1,25 hingga 2,5 meter akibat siklon tropis Surigae ini diperkirakan akan terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Perairan Kepulauan Sitaro, dan Perairan Bitung-Likupang. Laut Maluku dan Perairan Selatan Sulawesi Utara.

Kemudian, Perairan Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Raja Ampat bagian utara, Perairan Manokwari, Perairan Biak, Teluk Cenderawasih, dan Perairan Jayapura-Sarmi.

Baca Juga:  Prakirakan Cuaca di Jakarta Hari Ini

Sementara itu, gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter diperkirakan terjadi di Samudra Pasifik Utara Halmahera dan Samudra Pasifik Utara Jayapura. Selain itu, gelombang setinggi 4 hingga 6 meter akibat siklon tropis Surigae ini juga akan berpotensi terjadi di Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Biak.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini