Vaksin Nusantara Dikembangkan di Amerika Serikat, Diuji di Indonesia

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 15 April 2021 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 337 2395268 vaksin-nusantara-dikembangkan-di-amerika-serikat-diuji-di-indonesia-aZ5Ob8BQIt.jpeg Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa Vaksin Nusantara bukanlah vaksin yang dikembangkan di dalam negeri. Dia mengatakan vaksin yang dipromotori oleh Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memang diujicoba di Indonesia, tapi dikembangkan di Amerika Serikat (AS).

“Vaksin Nusantara adalah jenis vaksin yang dikembangkan di AS. Dan diujicobakan di Indonesia,” katanya dalam konferensi persnya, Kamis (15/4/2021).

Setiap vaksin yang diberikan kepada masyarakat, sambungnya, harus mendapat izin dari BPOM. Ia pun memastikan pemerintah akan mendukung vaksin yang layak dan mendapat izin oleh BPOM.

“Pada prinsipnya, semua vaksin yang akan diberikan kepada masy, harus mendapat izin dari BPOM. Terutama dalam aspek keamanan, efikasi, dan kelayakan. Selama memenuhi kriteria, pemerintah akan memberikan dukungan,” ujarnya.

Baca Juga : Miliki Komorbid, Mantan Menkes Siti Fadilah Disuntik Vaksin Nusantara

Wiku meminta agar tim pengembang vaksin dapat berkoordinasi dengan BPOM. Sehingga isu yang berkembang terkait vaksin ini dapat terselesaikan.

“Diharapkan, tim pengembang vaksin nusantara dapat berkoordinasi dengan baik dengan BPOM agar isu yang ada terkait vaksin ini dapat segera terselesaikan,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini