Jumlah Kasus Covid-19 Dunia Terus Melonjak, di Indonesia Justru Membaik

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 15 April 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 337 2395254 jumlah-kasus-covid-19-dunia-terus-melonjak-di-indonesia-justru-membaik-eWUwPTgJmO.jpeg Jubir Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito (Foto: Satgas Covid-19)

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan perkembangan virus corona pada tingkat global atau dunia mengalami tren perburukan lantaran adanya kenaikan kasus. Fakta itu didapatkannya dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Kabar terbaru dari WHO menyampaikan saat ini pandemi sedang tumbuh secara eksponensial ditandai dengan penambahan jumlah kasus yang konstan dalam jumlah besar. WHO mencatat kasus covid di seluruh dunia naik 9% yang merupakan peningkatan ketujuh berturut-turut . Angka kematian juga melonjak 5%," katanya, Kamis (15/4/2021).

Wiku mengungkap, salah satu penyebab lonjakan kasus pada ranah global karena melonjaknya kasus corona di India. Negara itu diketahui memiliki jumlah penduduk sangat besar dan membuat kluster baru penularan virus yang kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia.

"Patut diketahui salah satu penyebab melonjaknya kasus dunia adalah karena melonjaknya kasus di India, hal ini terjadi karena adanya kegiatan berkerumun yang tidak dilarang oleh pemerintah India yang menyebabkan kluster baru penyebaran Covid. Sebagai negara dengan penduduk terbesar di dunia kenaikan kasus di India sangat berpengaruh terhadap presentase jumlah kasus di dunia," tuturnya.

Kondisi yang memprihatinkan di tingkat global ternyata bertolak belakang dengan kondisi obyektif di Indonesia. Negara kepulauan dengan keragaman suku dan budaya ini justru mengalami tren perbaikan kasus corona.

"Adanya tren cukup memprihatinkan dari beberapa belahan dunia ini bertolak belakang dengan tren yang kita hadapi di tanah air. Dalam beberapa bulan terakhir, di Indonesia menunjukan tanda perbaikan sehubungan dengan penanganan covid," terangnya.

"Sebagai contoh pada Minggu ini terjadi penurunan sebesar 14,2% pada penambahan kasus positif dan penurunan sebesar 17,6% pada penambahan kematian. Adanya trem perbaikan di Indonesia cukup membuktikan bahwa dengan kerja keras dan kolaborasi pemerintah dan masyarakat, Indonesia adalah bangsa tangguh," tambahnya.

Meski demikian, Wiku berpesan capaian positif ini tidak boleh membuat bangsa Indonesia lengah. Capaian positif ini harus memacu pemerintah dan masyarakat untuk semakin konsisten mematuhi protokol kesehatan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini