Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020 segera Eksekusi Bansos

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 15 April 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 337 2394931 presiden-jokowi-minta-kepala-daerah-hasil-pilkada-2020-segera-eksekusi-bansos-FWOBrNrMJZ.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah yang telah dilantik dari hasil pilkada 2020, untuk segera menjalankan program bantuan sosial (bansos). Dia mengatakan bahwa saat ini masyarakat sangat membutuhkan bansos tersebut.

“Segera eksekusi yang namanya belanja sosial, bantuan sosial karena rakyat menunggu, rakyat membutuhkan,” katanya dikutip dari akun youtube Sekretariat Presiden, Kamis (15/4/2021).

Baca juga:  Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Terapkan PPKM Mikro, Bukan Lockdown Kota

Dia mengatakan, bahwa pemerintah pusat juga memiliki program bansos. Untuk itu para kepala daerah diminta menyalurkan bansos ke titik-titik yang belum tersentuh bantuan pemerintah pusat.

“Dari daerah yang kira-kira titik-titik yang belum tersentuh bantuan sosial dari pusat, berikan oleh daerah. Bantu juga usaha mikro, kecil dan menengah. Baik itu permodalan produksi maupun pemasarannya karena ini akan menggerakan ekonomi daerah. Utamakan mereka usaha mikro, usaha kecil,” ungkapnya.

Baca juga:  Jokowi ke Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020: Kalau Anggaran Tak Ada Baunya, Ya Tidak Terpilih Lagi

Selain itu para kepala daerah juga diminta memperhatikan masalah pemutusan hubungan kerja (PHK) di wilayahnya masing-masing. Terkait hal ini Jokowi meminta agar APBD ini bisa memberikan pekerjaan kepada masyarakat di lapis bawah.

“Dengan cara perbanyak program-program padat karya untuk penciptaan lapangan pekerjaan sambil menunggu ekonomi kembali pulih sepenuhnya. Memperbaiki jalan, padat karya. Membangun irigasi, padat karya. Membangun sekolah, padat karya. Ini akan menggerakan ekonomi daerah dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat kita,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini