Reshuffle Kabinet, PAN Dikabarkan Masuk Koalisi Jokowi

Rakhmatulloh, Sindonews · Rabu 14 April 2021 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 337 2394734 reshuffle-kabinet-pan-dikabarkan-masuk-koalisi-jokowi-ThQ3p7CDxK.jpg Jokowi dan Ketum PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Isu reshuffle kabinet jilid dua semakin menguat. Bahkan, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin menyatakan, dalam Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan perombakan kabinet pekan ini.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, yang pasti dari reshuffle kabinet kali hanya dua hal. Pertama adalah pelantikan menteri Kemendikbud-Ristek.

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet Makin Kencang, Dua Bulan Lalu Jokowi Bilang Begini

"Menterinya bisa tetap Nadiem atau yang lain karena santer juga diisukan bakal diisi kader Muhammadiyah yang waktu resuffle pertama ditawari wakil menteri pendidikan," kata Adi saat dihubungi, Rabu (14/4/2021).

Kedua, lanjut Adi, yang pasti dilantik Jokowi adalah Menteri Investasi. Namun, Analis politik asal UIN Jakarta ini tak bisa memprediksi secara pasti siapa yang bakal mengisi pos ini. Dia juga tak bisa menggaransi jika nantinya Presiden Jokowi melantik lebih dari dua menteri baru.

Baca juga: 3 Posisi Bakal Kena Reshuffle Jokowi Pekan Ini, Siapa yang Terdepak?

Di luar itu, tambahnya, santer kabar kader Partai Amanat Nasional (PAN) bakal masuk ke pemerintahan.

"Di luar itu, santer terdengar PAN bakal masuk koalisi Jokowi. Tinggal kita lihat apa akan ada kejutan PAN masuk koalisi. Tapi belakangan ini isunya kuat sekali," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini